Ahad 02 Apr 2023 15:41 WIB

Bupati Bandung Imbau ASN Beli Produk UMKM untuk Kebutuhan Lebaran

Sejumlah pelaku UMKM Kabupaten Bandung difasilitasi di Kriya Bedas Smart.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
 Bupati Bandung Dadang Supriatna.
Foto: Istimewa
Bupati Bandung Dadang Supriatna.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Bupati Bandung Dadang Supriatna mengimbau aparatur sipil negara (ASN) mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan cara membeli produknya. Termasuk nanti untuk kebutuhan Lebaran 2023.

Ada beragam produk UMKM di Kabupaten Bandung, seperti produk kuliner, juga makanan ringan, dan pakaian, yang bisa dibeli ASN untuk kebutuhan Lebaran.

“Ini dapat membantu ekonomi para pelaku UMKM. Apalagi sebelumnya saya dapat curhatan dari para pelaku UMKM yang mengaku bingung memasarkan produknya,” kata Bupati, Sabtu (1/4/2023).

Menurut Bupati, saat ini terdata sekitar 16.800 produk pelaku UMKM di Kabupaten Bandung. Ia menilai, hal itu merupakan potensi ekonomi. Saat ini, kata dia, ada sekitar 441 pelaku UMKM dengan kurang lebih 8.000 produk yang difasilitasi di Kriya Bedas Smart di Gedung Munara 99, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Bupati meminta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bandung dapat terus membantu UMKM untuk memperluas pasarnya. “Saat ini hampir 8.000 produk UMKM yang dipasarkan. Saya berharap Dekranasda bisa mengembangkan sayapnya,” ujar Bupati.

Ketua Dekranasda Kabupaten Bandung Emma Dety mengatakan, produk UMKM yang dihadirkan di galeri kriya itu sudah lulus administrasi dari sisi kualitas hingga kelayakan. “Saya juga berharap OPD (perangkat daerah) memberikan support terhadap para pelaku UMKM di Kabupaten Bandung,” kata Emma.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement