Sabtu 08 Apr 2023 21:52 WIB

Siap Dukung Iwan Bule di Pilgub Jabar 2024, Ketua PC NU Cianjur Minta Berantas Radikalisme

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang rentan dengan paham radikal.

Iwan Bule memberikan santunan pada anak yatim.
Foto: Istimewa
Iwan Bule memberikan santunan pada anak yatim.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Ketua Tanfidziah Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Cianjur, Deden Utsman Ridwan menyatakan siap mendukung Komjen Pol Purn Mochamad Iriawan alais Iwan BUle untuk maju dalam Pilgub Jabar 2024. Dukungan tersebut diberikan saat acara buka bersama dan santunan anak yatim di Jalan BLK Residence, Kabupaten Cianjur.

Menurutnya, dukungan siap diberikan asalkan Iwan Bule mampu mengikis paham radikalisme di Jawa Barat. "Insya Allah kita mendukung, yang penting bagi kami di PC NU selama dari sisi dakwah menyampaikan ahlusunah wal jamaah dan menghilangkan radikalisme," ujar Deden dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (8/4/2023). 

Jawa Barat, kata Deden merupakan salah satu provinsi yang rentan dengan paham radikalisme. Jawa Barat pun, termasuk provinsi yang banyak bermunculan paham yang melawan NKRI.

"Saya percaya andai beliau jadi seorang gubernur, saya percaya sosok pak Iwan mampu menghilangkan radikalisme di Jawa Barat. Mengingat beliau ini purnawirawan dari kepolisian dan di Jawa Barat juga saya melihat dibutuhkan seorang pemimpin yang tegas, luwes dengan masyarakat tapi tidak menghilangkan ketegasannya," kata Deden.

Ia pun mengaku, cukup mengenal sosok Iwan Bule. Bahkan, jauh sebelum mantan Ketua Umum PSSI ini didorong masyarakat maju di Pilgub Jabar.

"Jujur, saya termasuk orang yang lumayan tahu tentang sosok Pak Iwan Bule, terutama dua tahun terakhir ini. Beliau sangat dekat dengan ulama-ulama NU terutama, kemarin waktu Mukerwil di Jawa Barat beliau sangat support sekali, bahkan sebelum saya jadi ketua PC NU waktu itu, saya sangat intensif sekali berkomunikasi dengan beliau untuk perjuangan dakwah NU di Jawa Barat khususnya," kata Deden. 

Sementara itu, Iwan Bule yang mendapatkan dukungan dari Ketua PC NU Cianjur mengaku tersanjung. Ia pun siap menjalankan amanah tersebut. "Saya siap yang pertama apabila ijin allah swt dan yang kedua tentu apabila rakyat menghendaki. Ini juga merupakan bentuk dari kedaulatan rakyat sebagai bhayangkara sejati. Insya Allah saya siap," ujar Iwan Bule.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement