Senin 10 Apr 2023 23:05 WIB

Destinasi Wisata Purwakarta Diminta Bersiap Sambut Wisatawan saat Libur Lebaran

Bupati Purwakarta memperkirakan ada lonjakan wisatawan saat libur Lebaran kali ini. 

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Objek wisata Situ Wanayasa di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Objek wisata Situ Wanayasa di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA — Destinasi wisata di wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, diminta bersiap mengantisipasi potensi lonjakan wisatawan saat momen libur Lebaran 2023. Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika ingin wisatawan merasa nyaman saat berwisata.

“Saya minta semua pihak mengantisipasi lonjakan wisatawan Lebaran dan seluruh destinasi wisata agar melakukan persiapan dengan baik,” kata Bupati, Senin (10/4/2023).

Bupati mengatakan, pada momen 2022 terdata kunjungan 200 ribu wisatawan. Ia memperkirakan jumlah wisatawan pada momen libur Lebaran 2023 ini meningkat dibandingkan tahun lalu.

Menurut Bupati, pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada para pengelola destinasi wisata agar mempersiapkan diri menghadapi momen libur Lebaran Idul Fitri 2023.

“Kami minta mereka untuk mempersiapkan destinasi wisata yang dikelola, selalu menjaga kebersihan dan keamanan agar tercipta kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung, serta tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Bupati.

Berdasarkan informasi Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan, terdapat 62 destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta. Sebanyak 30 di antaranya merupakan destinasi wisata alam dan buatan. Sisanya adalah wisata kuliner, religi, dan wisata edukasi.

Bupati mengaku sudah menginstruksikan Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Purwakarta berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menjamin kelancaran dan keamanan saat momen libur Lebaran.

“Kami ingin memastikan semua destinasi wisata siap menerima para wisatawan karena mereka adalah para tamu yang harus kita sambut dengan baik. Untuk itu, kelancaran dan keamanan harus disiapkan dengan baik,” kata Bupati.

Bupati berharap persiapan yang baik dari pengelola destinasi wisata ini dapat mendukung tercapainya target kunjungan wisatawan pada 2023, yang mencapai dua juta wisatawan. Adapun target pada 2023 1.598.301 wisatawan. 

Menurut Bupati, target itu realistis karena Purwakarta memiliki banyak destinasi wisata unggulan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement