Selasa 11 Apr 2023 22:28 WIB

Dinas PUTR Cianjur Pastikan Kesiapan Jalan untuk Dilalui Pemudik

Jalan yang biasa dilintasi pemudik di Cianjur menjadi prioritas perbaikan.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pemudik.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
(ILUSTRASI) Pemudik.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR — Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memastikan perbaikan jalan kabupaten dapat dituntaskan sebelum Hari Raya Idul Fitri. Dengan begitu, kondisi jalan kabupaten laik digunakan pemudik.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Cianjur Eri Rihandiar mengatakan, perbaikan yang dilakukan merupakan bentuk pemeliharaan jalan rutin setiap tahun. Upaya tersebut meliputi jalan wilayah utara hingga selatan Cianjur.

“Proses perbaikan dengan cara tambal sulam untuk jalan kabupaten yang rusak ringan dan sedang. Sedangkan yang rusak parah dilakukan pembangunan dengan anggaran pinjaman bank sebesar Rp 150 miliar,” kata Eri di Cianjur, Selasa (11/4/2023).

Menurut Eri, jalan kabupaten yang biasanya ramai dilintasi pemudik saat libur Lebaran menjadi prioritas perbaikan. Begitu juga ruas jalan menuju kawasan objek wisata.

 

Eri mengeklaim perbaikan jalan kabupaten di wilayah perkotaan dan jalur alternatif mudik akan dilakukan secara maksimal, seperti jalur Hanjawar-Pacet, Tungturunan, dan Tarikolot-Cikalongkulon.

“Khusus untuk perbaikan jalan kabupaten ini, anggaran yang digunakan sekitar Rp 1,5 miliar dan dikerjakan pihak rekanan dengan target sudah tuntas tiga hari menjelang Lebaran,” kata Eri.

Selain jalan kabupaten, Eri mengatakan, ada jalan provinsi dan nasional di wilayah Kabupaten Cianjur yang juga diperbaiki. “Untuk kedua jalan tersebut diperkirakan akan selesai pada pekan ini, sehingga jalur mudik di Cianjur laik dilalui,” kata Eri.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement