Jumat 14 Apr 2023 20:27 WIB

Tenda-Tenda Jamaah iktikaf Penuhi Selasar Masjid Habiburrahman Bandung

Jamaah iktikaf di Masjid Habiburrahman diprediksi kian ramai pada 25 dan 27 Ramadhan.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Irfan Fitrat
Sejumlah tenda jamaah yang melaksanakan iktikaf di Masjid Raya Habiburrahman, Jalan Kapten Tata Natanegara, Cicendo, Kota Bandung, Rabu (12/4/2023) dini hari.
Foto:

“Memang kita ke sini ingin mendapat ilmu, selain meningkatkan ibadah. Jadi, memang program iktikaf ini semakin baik dan bagus dan peminatnya semakin banyak karena kajian ilmunya lebih banyak dan jamaah tidak hanya beribadah mandiri saja, tapi juga mendapat banyak ilmu,” ujar Murni kepada Republika.

 

photo
Jamaah beribadah saat iktikaf di Masjid Raya Habiburrahman, Kota Bandung, Rabu (12/4/2023) dini hari. - (Abdan Syakura/Republika)

 

Pensiunan asal Dago itu melakukan iktikaf bersama anak dan cucunya. Menurut Murni, lingkungan masjid yang luas dan nyaman untuk anak-anak membuat cucunya betah.  

“Walaupun tidak disediakan makan iftar dan sahur, tapi tidak masalah karena makanan berlimpah di sini. Banyak jamaah yang ingin kasih cuma-cuma dan memang lebih banyak yang ingin sedekah dibanding yang ambil,” ujar Murni.

Murni memperkirakan jamaah yang melakukan iktikaf pada bulan Ramadhan ini di Masjid Raya Habiburrahman akan terus bertambah. Khususnya pada malam-malam ganjil.

“Tahun ini, di hari pertama, awalnya hanya dua per tiga saja yang terisi. Lalu hari kedua sudah hampir penuh. Kemungkinan bisa sama ramainya seperti masa sebelum pandemi, bahkan mungkin akan lebih ramai,” kata Murni. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement