Sabtu 22 Apr 2023 08:40 WIB

Wahana Virtual Reality Dihadirkan di Aquarium Indonesia Pangandaran

Ada sejumlah wahana baru di Aquarium Indonesia Pangandaran untuk libur Lebaran.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Salah satu wahana di Aquarium Indonesia Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.
Foto: Dok. Aquarium Indonesia Pangandaran
Salah satu wahana di Aquarium Indonesia Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN — Aquarium Indonesia Pangandaran di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menghadirkan sejumlah wahana baru untuk wisatawan. Wahana baru itu sudah bisa dicoba wisatawan saat momen libur Lebaran kali ini.

Wahana baru itu disiapkan sejak awal Ramadhan, ketika Aquarium Indonesia Pangandaran ditutup sementara.

Marketing Aquarium Indonesia, Ahmad Syafi’i Lubis, mengatakan, salah satu wahana baru itu adalah virtual reality (VR). Lewat wahana digital itu, pengunjung disajikan pengalaman realitas virtual berada di dalam laut dan memberikan pakan sejumlah biota.

Selain VR, wahana baru lainnya adalah “sketch aquarium”. Di wahana tersebut, anak-anak dapat mewarnai gambar biota laut. Nantinya gambar yang sudah diwarnai itu akan diproyeksikan secara digital dan bisa bergerak di akuarium virtual.

“Wahana baru ini bisa digunakan gratis karena masih promo,” ujar Lubis kepada Republika, Jumat (21/4/2023).

 

photo
Salah satu wahana di Aquarium Indonesia Pangandaran. - (Dok. Aquarium Indonesia Pangandaran)

 

Lubis mengatakan, di Aquarium Indonesia Pangandaran juga kini ada “paludarium” dan “aquascape” yang ditata sedemikian rupa agar estetik.

Selain itu, ada juga wahana akuarium sampah yang dijadikan sebagai sarana edukasi pengunjung ihwal dampak sampah terhadap laut dan kehidupan di dalamnya.

Bukan hanya menambah wahana, sarana dan prasarana di Aquarium Indonesia Pangandaran juga ditingkatkan. Lubis mencontohkan, pihaknya mengubah sarana infografis dari yang sebelumnya manual menjadi seluruhnya digital.

Terkait dekorasi, di Aquarium Indonesia Pangandaran kini ada patung paus dengan panjang sekitar sepuluh meter. Patung mamalia laut itu digantung di dekat pintu utama, sehingga bisa jadi spot foto baru bagi pengunjung.

 

photo
Suasana di Aquarium Indonesia Pangandaran. - (Dok. Aquarium Indonesia Pangandaran)

 

Pengelola Aquarium Indonesia Pangandaran juga menyiapkan fasilitas untuk pengunjung jajan. “Di area luar juga akan tersedia beberapa jajanan minuman. Sebelumnya kan masih kosong,” kata Lubis.

Dengan sejumlah persiapan tersebut, Aquarium Indonesia Pangandaran siap menyambut wisatawan saat momen libur Lebaran. Lubis mengatakan, Aquarium Indonesia Pangandaran akan beroperasi pada hari pertama Lebaran, Sabtu (22/4/2023). 

Namun, pada Sabtu ini jam buka dimundurkan menjadi pukul 11.00 WIB agar para pegawai Aquarium Indonesia Pangandaran bisa terlebih dulu merayakan momen Idul Fitri. “Hari setelahnya, operasional setiap pukul 08.30 hingga 16.30 WIB,” kata Lubis.

Pada momen libur Lebaran ini, untuk masuk Aquarium Indonesia Pangandaran diberlakukan tiket harga akhir pekan, yaitu Rp 50 ribu per orang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement