Sabtu 06 May 2023 18:30 WIB

Metaverse Office Dinilai Jadi Solusi Baru Pelatihan dan Kerja di Era Digital

Dengan Leap, diharapkan mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia.

Tampilan Metaverse Office dari CRMS yang dihadirkan metaNesia PT Telkom
Foto: Istimewa
Tampilan Metaverse Office dari CRMS yang dihadirkan metaNesia PT Telkom

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Center for Risk Management and Sustainability (CRMS) mengumumkan peluncuran metaverse office-nya. Yakni, sebuah layanan virtual office yang hadir di dalam platform dan ekosistem metaNesia dari PT Telkom sejak 4 Mei 2023. 

Metaverse Office ini merupakan hasil kerja sama antara CRMS dan metaNesia guna menyajikan konteks pelatihan baru yang lebih seru dan interaktif bagi pengguna.

“Langkah CRMS membangun virtual office di metaNesia merupakan salah satu upaya yang tepat untuk berkembang di era digital yang tidak bisa diabaikan,” ujar Founder CRMS, Dr Antonius Alijoyo MM MBA dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (6/5/2023). 

Metaverse Office milik CRMS terdiri dari dua lantai yang dilengkapi dua ruangan meeting room dan empat ruangan classroom (training room). Meeting Room berfungsi sebagai ruang virtual untuk melakukan pertemuan baik dengan pihak internal maupun eksternal, sedangkan classroom berfungsi sebagai ruang pelatihan dan pengajaran online bagi para pegawai dan klien CRMS.

 

Sementara itu, Tribe Leader Technology Commercialization Telkom Divisi Digital Business & Technology, Iwan Setiadinata,  menyampaikan, CRMS dan metaNesia memiliki visi yang sama dalam mencetak tenaga profesional di Indonesia melalui teknologi metaverse sebagai kontribusi bagi bangsa dan negara.

"Metaverse merupakan tren teknologi canggih yang mulai terkenal pada awal 2021, sebagai dunia virtual baru di mana pengunjung dapat melakukan beragam aktivitas layaknya di dunia nyata," katanya. 

Layanan Virtual Office ini memungkinkan pengunjung untuk bekerja dan berinteraksi dalam lingkungan baru yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Berbagai industri seperti ritel, pendidikan, hingga otomotif turut masuk dan menggunakan tren teknologi canggih ini. Dengan campuran teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality, Metaverse bisa menciptakan lingkungan baru tiga dimensi tanpa batas.

MetaNesia sendiri adalah platform metaverse pertama di Indonesia yang mendukung kelahiran beragam virtual office guna mendukung kebutuhan bisnis yang semakin enerjik dalam menghadapi berbagai situasi sehari-hari. 

MetaNesia merupakan bagian dari Leap-Telkom Digital sebagai umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. Dengan Leap, diharapkan mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement