Senin 08 May 2023 16:22 WIB

Akses Jembatan Cidugaleun Ambruk, Pemkab Tasikmalaya akan Buka Jalur Lama

Jalur lama di bawah Jembatan Cidugaleun jadi solusi sementara lalu lintas warga.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Kondisi di sekitar Jembatan Cidugaleun wilayah Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (8/5/2023).
Foto:

Kepala Polres (Kapolres) Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery Haryanto mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan setempat untuk melakukan penjagaan di lokasi ketika jalan lama sudah digunakan kembali.

Pasalnya, jalan lama itu merupakan cekdam, yang bisa terendam air ketika arus Sungai Cikunten tinggi. “Jadi, itu tak akan digunakan pada malam hari karena menyangkut keamanan,” kata Kapolres.

Kondisi jembatan

Ihwal kondisi Jembatan Cidugaleun, menurut Fuad, masih aman. Badan jembatan dengan panjang sekitar seratus meter itu disebut tidak mengalami kerusakan. “Kondisi jembatan aman. Hanya opritnya saja yang longsor,” kata dia.

Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Tasikmalaya, bagian oprit yang terbawa longsor dan ambruk memiliki panjang sekitar 20 meter, dengan lebar sekitar lima meter. Akibat ambruknya oprit itu, lalu lintas antara Kecamatan Cigalontang dan Kecamatan Sariwangi melalui jembatan menjadi terputus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement