Selasa 23 May 2023 12:31 WIB

Momen Harkitnas, Bupati Indramayu Ungkap Upaya Perbaikan Jalan Rusak

Anggaran pembenahan jalan pada 2023 di Indramayu meningkat dari tahun sebelumnya.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Bupati Indramayu Nina Agustina.
Foto: Dok Diskominfo Indramayu
Bupati Indramayu Nina Agustina.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU — Bupati Indramayu, Jawa Barat, Nina Agustina, berharap peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menjadi momentum pelecut untuk mewujudkan visi misi Indramayu Bermartabat, dengan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Di antaranya dengan menggenjot perbaikan infrastruktur, seperti perbaikan jalan yang kondisinya rusak.

Upacara peringatan Harkitnas 2023 digelar di halaman Pendopo Indramayu, Senin (22/5/2023). Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, dalam upaya membenahi kondisi jalan, alokasi anggaran pada tahun ini ditingkatkan dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada 2022, anggaran perbaikan dan pemeliharaan ruas jalan yang menjadi kewenangan kabupaten disebut Rp 33.362.127.000. Tahun ini meningkat menjadi Rp 121.935.644.450. “Kami targetkan dengan nominal ini jalan yang kondisinya baik bisa meningkat hingga 70 persen,” kata Bupati.

Bupati mengakui, walau tidak mudah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu akan berupaya maksimal memperbaiki infrastruktur yang rusak. Termasuk melakukan pemeliharaan agar jalan yang kondisinya sudah baik tidak cepat mengalami kerusakan.

 

“Kita tahu semakin lama volume kendaraan semakin meningkat dan berdampak pada kondisi jalan, tapi kami akan berupaya maksimal untuk memelihara jalan di Indramayu,” kata Bupati.

Menurut Bupati, perbaikan jalan ini penting dilakukan untuk menunjang aktivitas perekonomian masyarakat. Selain itu, juga agar pengguna jalan merasa nyaman, serta mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas.

Selain perbaikan ruas jalan kabupaten, Bupati juga mendorong para kepala desa untuk membenahi ruas jalan yang menjadi kewenangan pemerintah desa. “Sekarang kita terus menggencarkan untuk mempercepat perbaikan jalan,” ujar Bupati.

Dengan kerja keras semua pihak, Bupati berharap kondisi jalan di wilayah Kabupaten Indramayu semakin baik.

Bupati mengatakan, Pemkab Indramayu juga terbuka menerima aduan dari masyarakat perihal jalan yang kondisinya rusak. Masyarakat bisa melaporkan ke dinas terkait.

“Harapan kita bersama agar jalan di Indramayu semuanya dalam kondisi baik karena imbasnya untuk kebaikan masyarakat, ekonomi mereka bisa meningkat, dan mengurangi angka kecelakaan,” kata Bupati.

Kondisi jalan kabupaten

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Indramayu Asep Abdul Mukti menjelaskan, ruas jalan yang menjadi kewenangan pemkab mencapai 825,836 kilometer. Sepanjang 525,674 kilometer atau 63,65 persen kondisinya disebut baik.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement