Rabu 31 May 2023 12:06 WIB

Mobil Wabup Pangandaran Terlibat Kecelakaan di Ciamis, Polisi Jelaskan Kronologi Sementara

Polres Ciamis akan meminta keterangan dari para korban kecelakaan.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Kepala Polres (Kapolres) Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro saat diwawancara di lokasi kecelakaan beruntun di ruas Jalan Ciamis-Banjar, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (30/5/2023).
Foto: Republika/ Bayu Adji P
Kepala Polres (Kapolres) Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro saat diwawancara di lokasi kecelakaan beruntun di ruas Jalan Ciamis-Banjar, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (30/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS — Polisi masih menyelidiki kecelakaan beruntun yang terjadi di ruas Jalan Ciamis-Banjar, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Selasa (30/5/2023). Salah satu kendaraan yang terlibat kecelakaan itu mobil dinas Wakil Bupati (Wabup) Pangandaran Ujang Endin Indrawan.

Kepala Polres (Kapolres) Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro mengatakan, pihaknya baru meminta keterangan dari sejumlah saksi yang berada di tempat kejadian perkara (TKP) saat terjadi kecelakaan beruntun itu. Dari keterangan sejumlah saksi itu polisi mendapatkan kronologi sementara kejadian kecelakaan.

Baca Juga

“Terkait kronologi, kami baru berdasarkan keterangan saksi. Itu tentu akan diselaraskan dengan alat bukti yang lain untuk mendapatkan kronologi yang sebenarnya,” kata Kapolres, Rabu (31/5/2023).

Berdasarkan kronologi sementara dari pihak kepolisian, dikabarkan ada lima kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun itu. Salah satunya kendaraan Strada Triton, yang merupakan mobil dinas patwal polisi. Patwal itu disebut sedang melakukan pengawalan kendaraan Toyota Fortuner, yang merupakan mobil dinas Wabup Pangandaran.

Iring-iringan kendaraan tersebut melaju dari arah Ciamis menuju Banjar. Kapolres menjelaskan, di lokasi kejadian, mobil patwal disebut menyalip kendaraan dan berserempet dengan kendaraan Gran Max, yang datang dari arah berlawanan. Setelah itu, mobil patwal oleng ke kanan dan kemudian bertabrakan dengan truk Colt Diesel.

Kendaraan Toyota Fortuner yang ditumpangi Wabup Pangandaran disebut menabrak mobil patwal. Sementara truk Colt Diesel tertabrak sepeda motor dari arah belakang. 

Kapolres mengatakan, penyelidikan masih dilakukan untuk memastikan kronologi kejadian kecelakaan beruntun itu. Sementara ini keterangan baru didapat dari saksi di TKP. “Nanti akan disesuaikan dengan alat bukti lain, termasuk penelusuran CCTV,” katanya.

Polisi juga akan meminta keterangan dari pengguna kendaraan yang terlibat kecelakaan. “Kemarin kami minta keterangan saksi di sekitar TKP, belum saksi pengendara. Karena, setelah kejadian, beberapa pengendara mengalami luka dan dilarikan ke rumah sakit,” ujar Kapolres.

 

photo
Polisi mengevakuasi kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun di ruas Jalan Ciamis-Banjar, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Selasa (30/5/2023). - (Republika/Bayu Adji P)

 

Kondisi Wabup Pangandaran

Menurut Kapolres, ada lima orang yang terluka akibat kecelakaan beruntun itu. Di antaranya seorang anggota polisi yang mengemudikan mobil patwal, pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) yang berada di mobil patwal, satu anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan ajudan Wabup Pangandaran.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement