Senin 12 Jun 2023 22:51 WIB

Ridwan Kamil Banggakan Prestasi Kabupaten Ciamis, Apa itu?

Kabupaten Ciamis harus terus mengukir prestasi.

Rep: Bayu Adjie Prihammanda/ Red: Erdy Nasrul
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri rapat paripurna istimewa dalam rangka Hari Jadi ke-381 Kabupaten Ciamis di Aula DPRD Kabupaten Ciamis, Senin (12/6/2023).
Foto: Dok. Biro Adpim Jabar.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri rapat paripurna istimewa dalam rangka Hari Jadi ke-381 Kabupaten Ciamis di Aula DPRD Kabupaten Ciamis, Senin (12/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menghadiri langsung rapat paripurna istimewa dalam rangka Hari Jadi ke-381 Kabupaten Ciamis di Aula DPRD Kabupaten Ciamis, Senin (12/6/2023). Dalam kegiatan itu, Emil --sapaan Ridwan Kamil-- mengapresiasi kemajuan dan capaian Kabupaten Ciamis di bidang pertanian. 

Menurut dia, tanda penghormatan Satyalancana Wira Karya Bidang Pembangunan Pertanian yang diraih Bupati Ciamis menjadi bukti kemajuan pertanian di Ciamis. Diketahui, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menerima tanda penghormatan Satya Lancana Wira Karya Bidang Pembangunan Pertanian dari Presiden Joko Widodo pada Sabtu (10/6/2023).

Baca Juga

"Kemajuan sangat luar biasa di bidang pertanian. Kemarin Pak Gubernur dan juga Pak Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, mendapatkan penghargaan Satyalancana Wira Karya untuk pertanian," kata Emil melalui siaran pers, Senin.

Menurut Emil, Satya Lancana Wira Karya adalah tanda kehormatan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada para warganya yang telah memberikan darma bakti yang besar kepada negara dan bangsa Indonesia. Warga yang menerima tanda penghormatan itu diharapkan dapat menjadi teladan bagi orang lain. 

Emil menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar akan terus memberikan dukungan pembangunan kepada Kabupaten Ciamis. Seperti yang dilakukan saat ini, Pemprov Jabar sedang melakukan revitalisasi Alun-Alun Ciamis, setelah revitalisasi Situ Wangi di Kecamatan Kawali telah rampung dilaksanakan. 

Selain itu, Emil juga berharap pembangunan Kabupaten Ciamis semakin maju dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. "Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kami mengucapkan selamat hari jadi untuk Kabupaten Ciamis ke-381," ujar dia. 

Sebelumnya, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengatakan, peringatan hari jadi merupakan milik masyarakat. Karena itu, ia berharap seluruh masyarakat di Kabupaten Ciamis dapat menikmati rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Ciamis. 

“Untuk itu berbagai kegiatan rangkaian hari jadi baik olahraga, seni, keagamaan, pelayanan, dan yang lainnya kita laksanakan dengan tersebar di beberapa wilayah kecamatan. Agar masyarakat ikut berpartisipasi dan menikmati rangkaian perayaan peringatan hari jadi Kabupaten Ciamis,” kata dia.

Yana menjelaskan, peringatan Hari Jadi ke-381 Kabupaten Ciamis merupakan tahun terkhir baginya dan Bupati Herdiat sebagai pimpinan daerah. Selama menjalankan tugas dan memimpin pemerintahan, ia mengaku dihadapkan dengan tatangan dan hambatan, terutama saat terjadinya pandemi Covid-19.

"(Pandemi tentu) berdampak pada perekonomian di masyarakat, tapi dengan kebersamaan sinergitas dan upaya kerja keras kita semua mampu melewati situasi dan kondisi tersebut,” kata dia.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Ciamis. Ia juga mengajak kepada seluruh jajaran agar terus bahu-membahu dalam membangun Kabupaten Ciamis untuk lebih baik.

“Mari jadikan motivasi untuk meningkatkan pelayanan dan pembangunan untuk masyarakat, sesuai dengan tema hari jadi 'Sinergi Membangun Kemandirian Ekonomi, Sejahtera Untuk Semua',” kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement