Senin 26 Jun 2023 10:38 WIB

Tim Patroli Perintis Presisi Dioperasikan di Kota Bandung 

Tim Patroli Perintis Presisi akan bersinergi dengan Prabu Lodaya. 

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Tim Patroli Perintis Presisi Polrestabes Bandung.
Foto: Dok Republika
Tim Patroli Perintis Presisi Polrestabes Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Polrestabes Bandung membentuk dan meluncurkan Tim Patroli Perintis Presisi, Senin (26/6/2023). Keberadaan tim tersebut diharapkan menguatkan upaya pencegahan gangguan ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat.

Kepala Polrestabes (Kapolrestabes) Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan, pembentukan Tim Patroli Perintis Presisi ini dilakukan secara nasional, berdasarkan arahan dari kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri.

Baca Juga

Di Polrestabes Bandung, Budi mengatakan, Tim Patroli Perintis Presisi melibatkan 30 personel yang berasal dari Satuan Samapta Bhayangkara (Sabhara).

“Memang sudah ada sebenarnya di jajaran fungsi Samapta. Hanya sekarang lebih ditekan lagi mereka bisa membantu, dengan kendaraan yang lebih cepat, bisa membantu patroli-patroli,” kata Budi di Markas Polrestabes Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (26/6/2023).

Budi mengatakan, Tim Patroli Perintis Presisi ini akan fokus membantu upaya pengaturan lalu lintas dan pengamanan kegiatan masyarakat. 

Selain itu, melakukan patroli mengantisipasi gangguan ketertiban dan keamanan masyarakat (kamtibmas), termasuk mencegah tindak kejahatan, seperti pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan kekerasan (curas), ataupun pencurian dengan pemberatan (curat).

 

photo
Polrestabes Bandung meluncurkan Tim Patroli Perintis Presisi, Senin (26/6/2023). - (Dok Republika)

 

Budi mengatakan, dalam menjalankan tugasnya, Tim Patroli Perintis Presisi akan bersinergi dengan tim Prabu Lodaya yang sudah berjalan. Diharapkan sinergi ini dapat memperluas jangkauan patroli dan pengamanan.

“Kita perluas lagi patroli dengan bantuan dari Tim Perintis Presisi Polrestabes Bandung, sehingga melayani seluruh titik-titik yang mungkin belum tekover, bisa dikover oleh Tim Perintis ini,” katanya.

Budi berharap keberadaan Tim Patroli Perintis Presisi ini dapat membantu membuat Kota Bandung kondusif. “Intinya untuk membantu masyarakat Kota Bandung untuk aman, nyaman. dan kondusif,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement