Kamis 29 Jun 2023 14:45 WIB

Hari Bhayangkara, Polresta Cirebon Revitalisasi Situs Mbah Kuwu Sangkan

Polres Cirebon membantu melestarikan situs bersejarah dan mendorong wisata religi.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Polresta Cirebon meresmikan hasil revitalisasi di Situs Mbah Kuwu Sangkan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (28/6/2023).
Foto: Dok Humas Polresta Cirebon
Polresta Cirebon meresmikan hasil revitalisasi di Situs Mbah Kuwu Sangkan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (28/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Polresta Cirebon merevitalisasi salah satu situs bersejarah di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, yaitu Situs Mbah Kuwu Sangkan. Revitalisasi situs yang berada di wilayah Kecamatan Talun itu merupakan bagian dari kegiatan peringatan ke-77 Hari Bhayangkara yang dilaksanakan Polresta Cirebon.

“Kami membantu proses revitalisasi Situs Mbah Kuwu Sangkan, yang merupakan sosok pendiri Cirebon, sebagai bentuk kepedulian terhadap warisan budaya yang ada, sehingga kelestariannya terjaga,” ujar Kepala Polresta (Kapolresta) Cirebon Kombes Pol Arif Budiman, Rabu (28/6/2023). 

Baca Juga

Kegiatan revitalisasi itu meliputi, antara lain pembangunan dua pendopo dan perbaikan akses jalan menuju Situs Mbah Kuwu Sangkan. Selain itu, dilakukan pembangunan area selter pedagang kaki lima (PKL) dan lainnya.

Dalam melakukan proses revitalisasi itu jajaran Polresta Cirebon berkoordinasi dengan pengelola situs tersebut, sehingga revitalisasinya sesuai keinginan dan kebutuhan pengelola.

“Kabupaten Cirebon ini sangat luar biasa karena banyak sekali warisan sejarah yang berusia ratusan tahun dan masih berdiri hingga sekarang, sehingga sudah menjadi tugas kita semua untuk menjaga dan merawat peninggalan leluhur tersebut,” ujar Arif.

Polresta Cirebon pun ingin turut berkontribusi dalam pengembangan Situs Mbah Kuwu Sangkan sebagai salah satu potensi wisata religi di Kabupaten Cirebon. Karenanya, Polresta Cirebon membangun selter PKL di sekitar situs tersebut, dengan harapan dapat dimanfaatkan warga sekitar dan mendukung aktivitas perekonomiannya.

Hasil revitalisasi Situs Mbah Kuwu Sangkan diresmikan Kapolresta, yang didampingi Wakil Kapolresta Cirebon, AKBP Dedy Darmawansyah, pada Rabu (28/6/2023). Kegiatan itu juga diisi doa bersama sebagai bentuk rasa syukur proses revitalisasi rampung, serta pembagian 500 paket bahan pokok untuk warga sekitar.

Dengan kegiatan itu, Arif mengatakan, Polresta Cirebon mengharapkan momentum peringatan ke-77 Hari Bhayangkara tidak hanya acara seremonial, tapi dapat menunjukkan kontribusi jajaran kepolisian dalam berbagai hal.

“Tahun lalu kami merevitalisasi dua masjid bersejarah, yakni Masjid Al Karomah Depok (Cirebon) dan Masjid Pasalakan. Kemudian tahun ini Situs Mbah Kuwu Sangkan. Diharapkan di tahun-tahun selanjutnya juga akan merevitalisasi situs bersejarah lainnya di Kabupaten Cirebon sebagai upaya mengembangkan potensi wisata religi,” ujar Arif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement