Ahad 25 Jun 2023 18:31 WIB

Berwisata dan Belajar Sejarah di Goa Sunyaragi Cirebon saat Liburan Sekolah

Pengelola Goa Sunyaragi memperkirakan peningkatan pengunjung saat liburan sekolah.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Objek wisata Goa Sunyaragi, Kota Cirebon.
Foto: Dok Humas BPTAGS
Objek wisata Goa Sunyaragi, Kota Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) Cirebon bersiap menyambut kedatangan wisatawan saat masa liburan anak-anak sekolah. Diperkirakan ada peningkatan jumlah pengunjung selama masa liburan sekolah ini.

Menurut Humas BPTAGS, Eko Ardi Nugraha, selama dua bulan terakhir jumlah pengunjung Goa Sunyaragi terus mengalami peningkatan. Para pengunjung rata-rata merupakan rombongan anak sekolah dan mahasiswa. “Setiap hari ada satu sampai dua bus yang datang membawa rombongan wisatawan,” ujar dia, Sabtu (24/6/2023).

Eko pun optimistis jumlah pengunjung akan meningkat saat masa liburan sekolah. Dalam kondisi normal, jumlah pengunjung Goa Sunyaragi pada akhir pekan disebut sekitar 500 hingga 800 orang.

Sementara pada masa liburan sekolah dan momen libur Idul Adha kali ini, diprediksi kunjungan bisa meningkat sampai 800 hingga 1.000 orang. “Kami memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah pengunjung sekitar tiga hingga lima persen di masa libur sekolah ini,” kata Eko.

Untuk itu, Eko mengatakan, pihaknya melakukan sejumlah persiapan menyambut kedatangan wisatawan. Di antaranya dengan meningkatkan pelayanan di loket, keamanan, kebersihan, juga area parkir. Diharapkan wisatawan yang berkunjung merasa lebih nyaman.

Tak hanya itu, pengelola juga menyiapkan sarana bermain untuk anak. Karenanya, Taman Air Goa Sunyaragi disebut cocok untuk dijadikan tempat liburan bagi keluarga. “Para pengunjung bisa berwisata sambil sekaligus belajar sejarah di Goa Sunyaragi,” ujar Eko.

Goa Sunyaragi dulunya merupakan taman kelangenan atau taman sari, yang dijadikan sebagai tempat berkhalwat atau menyep para sultan dan keluarganya. Karenanya, tempat tersebut disebut juga Taman Kelangenan Sunyaragi. Sunya artinya sepi dan ragi artinya raga.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement