Ahad 02 Jul 2023 23:53 WIB

Rumah di Nagrak Sukabumi Rusak Tertimpa Dahan Pohon saat Angin Kencang

Warga diminta mewaspadai potensi bencana saat kondisi cuaca ekstrem.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Angin kencang
Foto: MgIt03
(ILUSTRASI) Angin kencang

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Angin kencang yang melanda wilayah Desa Babakan Panjang, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, memicu bencana. Dilaporkan ada rumah warga yang mengalami kerusakan setelah tertimpa dahan pohon yang patah akibat angin kencang.

Berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, peristiwa itu terjadi di Kampung Pasir Jeungjing RT 02/RW 07, Desa Babakan Panjang, pada Sabtu (1/7/2023) petang. “Bencana angin kencang terjadi akibat cuaca ekstrem,” kata petugas Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sukabumi Sandra Fitria, Ahad (2/7/2023).

Baca Juga

Sandra mengatakan, angin kencang membuat dahan pohon jengjeng patah. Dahan pohon itu kemudian menimpa atap satu rumah warga, yang dihuni empat jiwa. Kejadian itu mengakibatkan 10 lembar asbes pecah dan sebagian kayu penyangga atap rumah patah.

Menurut Sandra, tidak ada korban luka maupun jiwa akibat kejadian itu. Hanya kerugian materiel. Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Nagrak disebut sudah berkoordinasi dengan aparat desa dan kecamatan, instansi terkait, serta relawan untuk melakukan asesmen di lokasi kejadian. 

Petugas bersama warga mengevakuasi dahan yang menimpa atap rumah. Sandra mengatakan, untuk sementara, atap rumah warga yang rusak itu ditutup menggunakan tenda.

Sandra mengatakan, BPBD Kabupaten Sukabumi mengimbau warga tetap mewaspadai potensi bencana, terlebih saat kondisi cuaca ekstrem.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement