Senin 03 Jul 2023 23:39 WIB

Wali Kota Sukabumi Pimpin Aksi Donor Darah

Aksi donor darah ini untuk menjaga stok labu darah di PMI Kota Sukabumi.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kegiatan donor darah di Kota Sukabumi.
Foto: Republika/Riga nurul iman
(ILUSTRASI) Kegiatan donor darah di Kota Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengajak masyarakat menjadi donor darah. Selaku ketua Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Cabang Kota Sukabumi, Fahmi juga rutin menyumbangkan darah.

Hal itu juga ditunjukkan Fahmi saat gerakan donor darah Palang Merah Indonesia (PMI) yang digelar di Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sukabumi, Senin (3/7/2023). “Alhamdulillah, bisa donor darah rutin dan kali ini di Kantor Dinsos,” ujar Fahmi.

Baca Juga

Menurut Fahmi, menjadi donor darah rutin baik dari sisi kesehatan. Selain itu, kata dia, bisa membantu sesama yang membutuhkan darah untuk pengobatan.

Karenanya, Fahmi mengajak warga untuk menyumbangkan darah, sehingga dapat membantu menjaga stok labu darah di UTD PMI Kota Sukabumi.

Kepala Dinsos Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat mengatakan, gerakan donor darah kali ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-48 Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). Ia melihat animo yang tinggi dari donor darah.

Menurut Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk menjaga stok darah. Di antaranya dengan mengundang relawan donor darah sukarela dan menggelar donor darah massal.

Suranto mengatakan, per harinya kebutuhan labu darah mencapai sekitar 60-70 buah. Karena itu, ia berharap makin banyak masyarakat yang menjadi donor darah. “Harus disiapkan dari sekarang dan mengajak masyarakat mendonorkan darahnya,” kata Suranto. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement