Rabu 05 Jul 2023 21:15 WIB

Ada Job Fair di Cianjur, Tersedia Seribu Lebih Lowongan

Job fair kali ini juga diikuti perusahaan penempatan pekerja migran.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Bursa kerja (job fair).
Foto: Republika/Edi Yusuf
(ILUSTRASI) Bursa kerja (job fair).

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR — Ribuan pencari kerja mendatangi lokasi job fair (bursa kerja) yang digelar di Lapangan Taman Prawatasari Joglo, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (5/7/2023). Bursa kerja yang digelar 5-6 Juli 2023 ini diharapkan dapat membantu menekan angka pengangguran.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) menggelar agenda bursa kerja dalam rangka menyambut peringatan Hari Jadi ke-346 Kabupaten Cianjur.

Baca Juga

Job fair 2023 diikuti 35 perusahaan, mulai dari pabrik, bank, ada juga dari P3MI (Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia),” ujar Kepala Disnakertrans Kabupaten Cianjur Tohari Sastra, Rabu.

Menurut Tohari, bursa kerja kali ditargetkan menyediakan sekitar 1.500 lowongan. Ia berharap bursa kerja kali ini dapat membantu menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Cianjur.

Pada 2020, Tohari mengatakan, angka pengangguran di Kabupaten Cianjur mencapai sekitar sebelas persen. Kemudian menurun pada 2021 menjadi sembilan persen. Pada 2022, kata dia, menurun lagi menjadi sekitar 8,4 persen.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, pemerintah daerah mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang turut serta pada job fair kali ini.

Agenda ini bisa mempertemukan langsung perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan para pencari kerja. Diharapkan, kata dia, angka pengangguran di Cianjur bisa berkurang.

Dalam upaya menekan angka pengangguran, Bupati juga menyambut investasi. Menurut dia, masuknya investasi ini dapat membuka lapangan pekerjaan, selain juga mendorong perekonomian di Cianjur. “Perusahaan dapat bersinergi dengan pemda, agar pertumbuhan ekonomi makin membaik,” ujar Bupati.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement