Kamis 27 Jul 2023 17:18 WIB

Perluas Pasar Asuransi Syariah, Bank BJB Syariah Gandeng Generali Indonesia

Minat masyarakat Indonesia terhadap asuransi berbasis syariah terus meningkat. 

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Tito Edwin Hasudungan Hutabarat selaku Chief of Partnership Distribution dan Direktur Operasional bank bjb syariah, Vicky Fitriadi, menandatangani perjanjian kerja sama di Kantor Pusat bank bjb syariah, Bandung, Kamis (27/7).
Foto: dok. Republika
Tito Edwin Hasudungan Hutabarat selaku Chief of Partnership Distribution dan Direktur Operasional bank bjb syariah, Vicky Fitriadi, menandatangani perjanjian kerja sama di Kantor Pusat bank bjb syariah, Bandung, Kamis (27/7).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) berkolaborasi dengan PT Bank Jabar Banten Syariah (Bank BJB Syariah) untuk membidik pasar asuransi syariah di Indonesia yang semakin meningkat.

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menunjukkan bahwa minat masyarakat Indonesia terhadap asuransi, termasuk asuransi berbasis syariah terus meningkat. Jumlah pertumbuhan total tertanggung dalam industri asuransi jiwa kuartal pertama tahun 2023 hingga 16,6 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Pro-Life Jariyah-100, diluncurkan sebagai solusi proteksi dengan manfaat pasti dengan prinsip syariah, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten.

Kegiatan kerja sama ini dihadiri oleh manajemen Generali Indonesia, yakni Tito Edwin Hasudungan Hutabarat selaku Chief of Partnership Distribution dan Direktur Operasional BJB Syariah Vicky Fitriadi, yang bertempat di Kantor Pusat Bank BJB Syariah, Bandung, Kamis (27/7/2023). Kerja sama dan solusi inovatif Pro-Life Jariyah-100 ini juga sebelumnya telah disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia. 

Menurut Direktur Operasional BJB Syariah Vicky Fitriadi, kerja sama ini sebagai langkah strategis bank bjb syariah untuk memperluas pasar asuransi syariah. Karena, perusahaan yakin bahwa kepercayaan masyarakat terhadap asuransi berbasis syariah terus meningkat sehingga perlu dimanfaatkan dengan baik. 

"Untuk itu, Bank BJB Syariah ingin memanfaatkan momentum ini dengan meluncurkan produk baru kerja sama dengan Generali Indonesia," ujar Vicky.

Selain itu, kata dia, Bank BJB Syariah percaya bahwa peluncuran Pro-Life Jariyah-100 akan menambahkan sinergi sekaligus menjadi bukti nyata komitmen Bank BJB Syariah dalam menjangkau kebutuhan finansial nasabah secara komprehensif. 

Selain kebutuhan perbankan, kata dia, produk ini juga menjadi sebuah added value yang diberikan kepada nasabah untuk melengkapi perencanaan finansial keluarga. Bank bjb syariah berharap, kemitraan ini dapat menjadi kolaborasi yang kuat dan memberikan banyak manfaat bagi nasabah dalam melakukan perencanaan finansial keluarga yang memenuhi prinsip-prinsip syariah.

Pro-Life Jariyah-100 merupakan produk asuransi jiwa berbasis syariah dengan masa asuransi seumur hidup yang memberikan kemudahan pembayaran kontribusi secara berkala. Pro-Life Jariyah-100 dirancang dengan fitur pengembalian kontribusi dan manfaat di akhir masa asuransi. 

Solusi proteksi inovatif ini juga memberikan masa perlindungan asuransi hingga usia 99 tahun dengan masa bayar yang bisa disesuaikan dengan pilihan nasabah, yakni 5, 10, 15 dan 20 tahun. 

Selain itu, layaknya produk asuransi syariah Generali lainnya, Pro-Life Jariyah-100 juga dilengkapi dengan fasilitasi wakaf manfaat asuransi. Sehingga, nasabah tidak hanya mendapatkan proteksi jiwa, tapi juga bisa sekaligus berkesempatan untuk beribadah wakaf. 

Sementara itu, Tito Edwin Hasudungan Hutabarat selaku Chief of Partnership Distribution Generali Indonesia mengatakan, saat ini, kesadaran dan kebutuhan asuransi sudah semakin terbentuk dan sangat berkembang. Sehingga, diperlukan berbagai kolaborasi untuk bisa menjangkau lebih banyak masyarakat secara lebih meluas.

“Kami memiliki fokus yang sama, yaitu mengutamakan nasabah, Generali Indonesia memperluas jaringan pemasaran dengan melakukan sinergi bersama Bank BJB Syariah dalam menggarap potensi syariah secara lebih optimal," katanya.

Mulai Agustus 2023 ini, Pro-Life Jariyah-100 akan dipasarkan melalui jalur distribusi bancassurance Bank BJB Syariah dan dapat diakses melalui bancassurance specialist Generali Indonesia yang ditempatkan pada kantor-kantor Cabang Bank BJB Syariah. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement