Jumat 04 Aug 2023 20:51 WIB

Kebakaran di Pasar Sadang Serang Bandung, Pedagang Berupaya Selamatkan Barang

Belasan mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Kebakaran terjadi di Pasar Sadang Serang, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (4/8/2023).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Kebakaran terjadi di Pasar Sadang Serang, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (4/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Kebakaran terjadi di area Pasar Sadang Serang, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (4/8/2023). Hingga pukul 20.13 WIB, api terlihat masih menyala. Belasan mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. 

Sejumlah pedagang terlihat berupaya menyelamatkan barang dagangannya dari kobaran api. Salah seorang pedagang di Pasar Sadang Serang, Raihan Ramadan, bersama kerabatnya berusaha menyelamatkan barang-barang yang belum sempat dilalap api. 

Baca Juga

Beberapa karung pakaian berhasil diselamatkan dan disimpan di area yang dinilai aman. “Kios saya kebakaran, sekarang lagi berusaha menyelamatkan barang-barang yang tersisa dan bisa diselamatkan,” kata Raihan di Pasar Sadang Serang, Jumat (4/8/2023).

Raihan mengaku pertama kali mengetahui kejadian kebakaran di Pasar Sadang Serang dari pamannya, sekitar pukul 18. 20 WIB. Mendapat kabar itu, ia langsung bergegas ke pasar untuk menyelamatkan pakaian-pakaian yang didagangkannya.

“Pas saya ke sini kebakaran baru di bagian bawah, paling besar di area ke pembuangan sampah. Tadi saya ke dalam sudah sampai lantai atas (kebakaran),” kata Raihan.

Menurut Raihan, kios di lantai dasar khusus para pedagang sayuran dan perlengkapan dapur. Sedangkan kios yang berada di atasnya menjual barang-barang pakaian.

Petugas pemadam kebakaran masih berupaya melakukan penanganan. Akses menuju Pasar Sadang Serang yang sempit membuat petugas kesulitan memasukkan mobil pemadam kebakaran. Akses mobil pemadam kebakaran pun sempat tersendat lantaran banyaknya masyarakat di sekitar lokasi kebakaran.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Gun Gun Sumaryana mengatakan, berdasarkan informasi sementara ini, api diduga berasal dari salah satu los atau kios, kemudian membesar dan menyebar.

“Menurut keterangan warga sekitar, terlihat sumber api dari salah satu los. Kemudian api dengan cepat membesar dan merambat ke bangunan los lainnya,” kata Gun Gun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement