Rabu 23 Aug 2023 04:38 WIB

50 Ribu Liter Air Bersih untuk Antisipasi Kekeringan

Air bersih menjadi bantuan berharga bagi masyarakat yang mengalami kekeringan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi warga mendapatkan bantuan air bersih.
Foto: Bowo Pribadi
Ilustrasi warga mendapatkan bantuan air bersih.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi hingga kini sudah memasok sebanyak 50 ribu liter air bersih kepada warga terdampak kekeringan. Disitribusi air bersih ini khususnya bagi warga terdampak di empat kecamatan yakni Lembursitu, Cikole, Baros, dan Gunungpuyuh.

'' Sampai Selasa (22/8/2023), PMI telah mendistribusikan sekitar 50.000 liter bersih yang tersebar di empat kecamatan,'' ujar Ketua Bidang Humas dan PSD PMI Kota Sukabumi, Isra Yanuar Giu. Terakhir, PMI menyalurkan air bersih ke warga di Kampung Babakan Jampang RW 11, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole pada Selasa ini

Baca Juga

Sedikitnya di lokasi itu ada sekitar 118 Kepala Keluarga (KK) sebagai penerima manfaat. Dalam momen tersebut terlihat deretan dmber dan jerigen earga berjajar rapih menyambut kedatangan truk tengki air bersih PMI berkapasitas 5.000 liter datang untuk memberikan pelayanan kemanusiaan pendistribusian air bersih.

Menurut Isra, jumlah air bersih yang disalurkan akan terus bertambah banyak. Hal ini menyusul permintaan dari masyarakat dan pihak kelurahan yang saat ini mengalami krisis air bersih akibat dampak kemarau panjang di Kota Sukabumi yang kondisinya semakin meluas.

Oleh karenanya kata Isra, PMI kembali memperluas wilayah operasi pelayanan distribusi air bersih di beberapa wilayah Kota Sukabumi. Dalam pelaksaannya dilapangan, PMI bekerjasama dengan BPBD Kota Sukabumi dan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa (Perumda AMTBW) Kota Sukabumi untuk pasokan air bersihnya.

Selain itu dihadiri oleh pihak kecamatan, kelurahan, unsur babinsa, bhabinkamtibmas, serta relawan siaga bencana berbasis masyarakat. Keterlibatan semua elemen warga ini menjadikan upaya penanganan menjadi lebih cepat.

Sebelumnya, ratusan kepala keluarga (KK) di Kampung Babakan Jampang, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole mengalami krisis air bersih akibat terdampak kekeringan. Hal ini disikapi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, bersama PMI yang mendistribusikan air bersih ke lokasi tersebut.

Bantuan air bersih disalurkan di Kampung Babakan Jampang RT 01, 02, 03 RW 11, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Selasa (22/8/2023). '' Pasokan air bersih sebanyak 5.000 liter disalurkan untuk 180 Kepala Keluarga (KK) dengan 720 jiwa,'' ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Novian Rahmat Taufik, Selasa.

Ia mengatakan, penyaluran air bersih dilakukan untuk warga yang saat ini tengah mengalami krisis air akibat kemarau panjang. Upaya respon ini, berdasarkan laporan dan permohonan permintaan distribusi air dari ketua RW dan tokoh masyarakat setempat kepada PMI Kota Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement