Sabtu 09 Sep 2023 15:42 WIB

Pemkot Bandung Kesulitan Cari Lahan untuk TPS Sementara

TPA darurat hanya dapat menampung sampah secara tidak optimal.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Banyaknya tumpukan sampah masih menjadi bagian dari pemandangan Kota Bandung.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Banyaknya tumpukan sampah masih menjadi bagian dari pemandangan Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemkot Bandung mengungkapkan, masih kesulitan mencari lahan tambahan untuk digunakan sebagai tempat pembuangan sampah (TPS) sementara. Lahan sementara yang tengah dipersiapkan untuk TPS sementara yaitu di Gedebage.

Seperti diketahui TPA Sarimukti, Bandung Barat kebakaran sejak Sabtu (19/8/2023) lalu hingga saat ini. Dampaknya, sampah-sampah di Kota Bandung belum bisa diangkut ke TPA.

Keberadaan TPA darurat hanya dapat menampung sampah secara tidak optimal. Akibatnya, banyak TPS di Kota Bandung yang menumpuk dengan sampah termasuk di ruas-ruas jalan.

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengaku, sudah bertemu dengan Danpussenarmed Mayjen Yudhi Chandra untuk membahas rencana penggunaan lahan milik TNI sebagai TPS sementara. Namun, ia mengatakan tidak terdapat lahan yang dapat digunakan sebagai lahan tambahan.

"Ya kita makin kelimpungan (cari lahan)," ucap dia, Sabtu (9/9/2023).

Dia menuturkan, langkah ideal untuk mengatasi sampah yaitu dengan mengubah perilaku masyarakat. Namun, perilaku tersebut dapat berjalan apabila mereka mengolah sampah dari sejak di rumah.

"Betul ini harus diedukasi terus spirit motivasi tapi tidak semudah membalikkan tangan," kata dia.

Ema mengaku, telah mendapatkan informasi bahwa sebagian lahan di TPA Sarimukti sudah padam dan tidak muncul titik api. Ia berharap, dapat segera dimanfaatkan menampung sampah di Kota Bandung.

"Optimalkan zonasi darurat dan zonasi yang kebakaran dan sudah tertangani. Itu saya memohon kepada Pj gubernur untuk dioptimalkan, beliau setuju," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement