Ahad 10 Sep 2023 22:09 WIB

Kejuaraan Tarkam di Kota Sukabumi Dibuka, Diapresiasi Kemenpora

Selain membudayakan olahraga, diharapkan dari Kejuaraan Tarkam lahir bibit atlet.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Ratusan warga mengikuti senam saat pembukaan Kejuaraan Tarkam di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Ahad (10/9/2023).
Foto: Dok Republika
Ratusan warga mengikuti senam saat pembukaan Kejuaraan Tarkam di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Ahad (10/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Pembukaan Kejuaraan Olahraga Antarkampung (Tarkam) Tingkat Kota Sukabumi berlangsung semarak di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Ahad (10/9/2023). Ribuan orang memeriahkan kegiatan yang merupakan program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu.

Kejuaraan Tarkam disebut salah satu program unggulan dan prioritas Kemenpora dalam rangka membudayakan olahraga di masyarakat, sebagaimana dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Menurut Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi Kemenpora Bayu Rahadian, Kemenpora, dengan kolaborasi berbagai pihak, berupaya membudayakan olahraga dari tingkat kampung dan kecamatan.

Baca Juga

Selain untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berolahraga, kata Bayu, diharapkan Kejuaraan Tarkam ini dapat melahirkan bibit atlet. “Tarkam jadi ajang merekatkan silaturahim dan menjaring potensi dari daerah,” ujar Bayu kepada wartawan, di sela-sela pembukaan Kejuaraan Tarkam di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi.

Momen Kejuaraan Tarkam itu juga sejalan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas), yang tahun ini mengangkat tema “Gelanggang Semangat Pemenang”. Bayu menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi yang dapat dengan baik melaksanakan Kejuaraan Tarkam. “Kami akan melaporkan kegiatan Tarkam di Sukabumi, luar biasa,” ujarnya.

Ketua Panitia Kejuaraan Tarkam Tingkat Kota Sukabumi Indra Wiguna mengatakan, Kejuaraan Tarkam ini digelar 10-12 September 2023. “Ada tiga cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni bola voli, atletik, dan bulu tangkis,” kata dia.

Selain itu, dilombakan pula senam dan olahraga tradisional. Menurut Indra, Kejuaraan Tarkam ini diikuti 386 orang yang berasal dari tujuh kecamatan di Kota Sukabumi.

Kota Sukabumi disebut menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang menjadi lokasi penyelenggaraan Kejuaraan Tarkam, selain Pangandaran dan Cirebon. Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengapresiasi Kemenpora yang memilih Kota Sukabumi sebagai tempat pelaksanaan Kejuaraan Tarkam. “Sebagai semangat untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat,” ujar dia.

Fahmi berharap Kejuaraan Tarkam ini dapat mendorong masyarakat, termasuk generasi muda, untuk membiasakan berolahraga. Ia pun berharap dari Kejuaraan Tarkam ini dapat lahir bibit-bibit atlet daerah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement