Senin 18 Sep 2023 11:30 WIB

Kebun Bambu di Kuningan Kebakaran, Api Diduga dari Puntung Rokok

Kebakaran terjadi di wilayah Desa Sangkanurip, Kecamatan Cigandamekar. 

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Api membakar kebun bambu di wilayah Desa Sangkanurip, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Senin (18/9/2023).
Foto: Dok Damkar Kuningan
Api membakar kebun bambu di wilayah Desa Sangkanurip, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Senin (18/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN — Kebakaran dilaporkan melanda kebun bambu di wilayah Desa Sangkanurip, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Senin (18/9/2023), sekitar pukul 00.15 WIB. Puluhan pohon bambu dikabarkan terbakar. 

Menurut Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuningan M Khadafi Mufti, kejadian kebakaran kebun bambu itu pertama kali diketahui aparat desa setempat yang kebetulan melintas. “Saksi melihat kobaran api yang sudah membesar,” kata Khadafi.

Baca Juga

Saksi kemudian memberitahukan kepada warga setempat untuk bergotong royong memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, api dilaporkan cepat merembet ke pohon bambu.

Kejadian kebakaran itu juga diketahui dua anggota Polsek Cilimus yang sedang melaksanakan patroli. Khawatir melihat api yang tidak tertangani oleh warga, polisi kemudian melapor ke UPT Damkar Kabupaten Kuningan.

Enam petugas damkar dikerahkan untuk memadamkan api. Dibantu warga dan aparat setempat, api dilaporkan bisa dipadamkan dalam waktu sekitar setengah jam.

Khadafi mengatakan, tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Menurut dia, api membakar sekitar 50 pohon bambu. “Dari hasil pengumpulan bukti, penyebab kebakaran diduga akibat orang yang membuang puntung rokok,” kata Khadafi.

Khadafi mengimbau masyarakat selalu mewaspadai potensi kebakaran, terlebih saat musim kemarau.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement