Senin 25 Sep 2023 13:00 WIB

Berhari-hari Terjebak di Sumur, Biawak Dievakuasi Damkar Kuningan

Biawak tersebut dilaporkan sempat dikejar warga saat memburu kucing.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Petugas pemadam kebakaran berupaya mengevakuasi seekor biawak dari dalam sumur warga di Desa Dukuhlor, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Ahad (24/9/2023).
Foto: Dok Damkar Kuningan
Petugas pemadam kebakaran berupaya mengevakuasi seekor biawak dari dalam sumur warga di Desa Dukuhlor, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Ahad (24/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN — Seekor biawak dilaporkan terjebak di dalam sumur milik warga di wilayah Desa Dukuhlor, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Petugas pemadam kebakaran (damkar) diminta bantuan untuk mengevakuasi satwa liar itu.

Menurut Kepala UPT Damkar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuningan M Khadafi Mufti, biawak tersebut terjebak di sumur warga yang dalamnya sekitar 15 meter, dengan diameter satu meter. “Biawak itu sudah terjebak selama beberapa hari di dalam sumur tersebut,” kata dia, Ahad (24/9/2023).

Baca Juga

Khadafi menjelaskan, biawak tersebut awalnya terlihat sedang memburu seekor kucing di halaman rumah warga. Melihat hal itu, pemilik rumah berupaya menangkapnya. Namun, biawak itu kabur ke area dekat sumur dan lantas terperosok.

Pemilik rumah, dibantu keluarganya, sempat berupaya mengeluarkan biawak tersebut dari dalam sumur. Namun, lantaran kondisi sumur yang dalam, upaya itu tak berhasil. Biawak pun terjebak selama beberapa hari di dalam sumur.

Kejadian itu kemudian dilaporkan ke Kantor UPT Damkar Kabupaten Kuningan. Tiga petugas damkar mendatangi lokasi untuk mengevakuasi biawak dari dalam sumur. Diameter sumur yang terbilang sempit sempat menyulitkan petugas damkar. Petugas pun mesti ekstra hati-hati mengeluarkan biawak itu.

Upaya evakuasi biawak dari dalam sumur dikabarkan membutuhkan waktu sekitar satu jam. “Alhamdulillah, biawak bisa diselamatkan dari dalam sumur. Jika tidak, dikhawatirkan biawak tersebut mati dan dapat menimbulkan penyakit dan bau busuk untuk penghuni rumah dan lingkungan sekitar,” kata Khadafi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement