Senin 09 Oct 2023 20:55 WIB

Forkopimda Indramayu Sinergi untuk Wujudkan Pemilu Aman dan Berkualitas

Unsur Forkopimda saling mendukung untuk kelancaran pelaksanaan pemilu 2024.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Forkopimda Indramayu menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam Rangka Operasi Mantap Brata Lodaya 2023-2024 tentang Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024 di Mapolres Indramayu, Senin (9/10/2023).
Foto: Dok Humas Polres Indramayu
Forkopimda Indramayu menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam Rangka Operasi Mantap Brata Lodaya 2023-2024 tentang Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024 di Mapolres Indramayu, Senin (9/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU — Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, bersinergi untuk mewujudkan pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) serentak 2024 yang lancar, aman, dan berkualitas. Komitmen itu disampaikan saat Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam Rangka Operasi Mantap Brata Lodaya 2023-2024 tentang Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024, Senin (9/10/2023).

Rapat koordinasi di Aula Atmani Wedhana Markas Polres Indramayu itu dihadiri sejumlah unsur Forkopimda dan pihak terkait lainnya. Unsur yang hadir memberikan paparan dan pandangan terkait kesiapan dan strategi pengamanan pemilu. 

Baca Juga

Kepala Polres (Kapolres) Indramayu AKBP M Fahri Siregar membahas soal kompleksitas karakter pemilu dan berbagai isu krusial terkait pemilu, seperti tahap pencalonan, tahap kampanye, masa tenang, dan tahapan pemungutan suara.

Disampaikan pula soal evaluasi pemilu, gambaran umum, indeks kerawanan, dan potensi kerawanan pada setiap tahapan pemilu. Kapolres pun menekankan soal pentingnya momen pemilu 2024 ini, sehingga membutuhkan sinergi dari unsur-unsur terkait. “Marilah kita saling menjaga sesuai dengan aturan lima pilar,” ujar Kapolres.

Komandan Kodim (Dandim) 0616/Indramayu Letkol Arm Andang Radianto memberikan penjelasan terkait bidang pengamanan untuk mengantisipasi berbagai potensi yang terjadi pada setiap tahapan pemilu. Andang juga membahas strategi mengatasi kerawanan dan sasaran pengamanan, yang meliputi personel, materi, lokasi, dan kegiatan.

Dalam kesempatan itu, Andang menyampaikan kesiapan jajaran TNI untuk memberikan dukungan personel untuk pengamanan pemilu di Indramayu, yaitu 400 personel, dengan 180 pasukan cadangan.

“TNI berkomitmen menjaga netralitas sesuai aturan dan perundang-undangan dan akan mendukung agar pemilu berjalan dengan adil dan kondusif,” kata Andang.

Rapat koordinasi itu juga dihadiri Ketua DPRD Indramayu, Syaefudin. Selain itu, hakim Adrian Anju Purba, yang mewakili ketua Pengadilan Negeri Indramayu, juga Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Indramayu Arie Prasetyo, yang mewakili kepala Kejari.

Sementara Bupati Indramayu, yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Sugeng Heryanto, menyampaikan kesiapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu dalam mendukung pelaksanaan pemilu 2024 sebaik-baiknya.

“Pemerintah mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga marwah demokrasi, mematuhi aturan, dan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Pemilu menjadi momen penting dalam perjalanan bangsa ke depan, juga sejarah demokrasi di Indonesia. Karenanya, unsur Forkopimda Indramayu dan pihak terkait diharapkan bekerja sama dan terus berkomunikasi untuk menyukseskan pemilu 2024 agar berjalan lancar dan aman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement