Kamis 26 Oct 2023 07:26 WIB

Belasan Pohon Tumbang di Bandung dan Cimahi Akibat Hujan Deras

Petugas telah berhasil melakukan evakuasi terahdap pohon-pohon tumbang tersebut.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Hujan deras mengakibatkan satu pohon di Jalan Setiabudi, Kota Bandung tumbang.
Foto: Dok Republika
Hujan deras mengakibatkan satu pohon di Jalan Setiabudi, Kota Bandung tumbang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DKPP) Kota Bandung mencatat empat pohon tumbang akibat peristiwa hujan deras, Rabu (25/10/2023) kemarin. Petugas telah berhasil melakukan evakuasi pohon-pohon tersebut.

Pohon tumbang terjadi di Jalan Sarimanis, Jalan Perintis, Jalan Bojong Raya dan Jalan Sukaraja. Pohon tumbang memiliki diameter 20 sentimeter hingga 50 sentimeter dengan panjang kurang lebih 7 meter.

Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pertamanan DPKP3 Kota Bandung Roslina mengatakan pohon tumbang terjadi di empat titik. Antisipasi telah dilakukan jauh-jauh hari.

"Ada empat titik, di Jalan Perintis, Jalan Sarimanis Kelurahan Sarijadi, di Jalan Bojong Raya dan Jembatan Cinta," ucap dia, Kamis (26/10/2023).

Dia menuturkan, antisipasi telah dilakukan seperti pemangkasan beban pohon. Termasuk pohon yang rusak akar dievakuasi.

"Kalau yang namanya pancaroba anginnya lebih kencang dan hujannya sebentar. Tapi kalau sudah musim hujan itu anginnya kecil namun hujannya lebih deras," kata dia.

Dia mengatakan, personel pertamanan terdiri dari empat grup dengan masing-masing anggota 8 hingga 9 orang. Kata dia, pemangkasan dilakukan di semua pohon di Kota Bandung.

"Semuanya kita pangkas, pokoknya lokasi- lokasi terutama di jalan-jalan protokol kita pangkasin, selain kita melakukan permohonan kepada masarakat kita juga antisipasi," kata dia.

Sementara itu, hujan deras disertai angin kencang terjadi di wilayah Kota Cimahi, Rabu (25/10/2023). Hujan deras  menyebabkan sebanyak 10 pohon tumbang bahkan didapati rumah yang rusak.

"Pohon yang tumbang karena hujan deras hasil laporan sementara ada 10 titik kejadian," ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi Fitriandy Kurniawan saat dikonfirmasi.

Selain itu hujan deras sempat menyebabkan banjir di RT 03 dan 04 Kelurahan Pasirkaliki. Serta rumah rusak di RT 03 RW 04 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement