Selasa 14 Nov 2023 16:50 WIB

Keluar Cagar Alam Pangandaran, Rusa Disebut Ketergantungan Sampah Makanan

Pengunjung diminta tidak memberikan makanan untuk rusa.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Rusa terlihat berada di kawasan Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (14/11/2023).
Foto: Dok Republika
Rusa terlihat berada di kawasan Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (14/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN — Sejumlah rusa dilaporkan beberapa kali keluar kawasan Taman Wisata Alam (TWA) dan Cagar Alam (CA) Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Rusa-rusa itu terlihat di sekitar kawasan Pantai Pangandaran untuk mencari makan.

Menurut Kepala Resor Konservasi dan Sumber Daya Alam (KSDA) Pangandaran, Kusnadi, ada pagar yang jebol di sekitar Pantai Pangandaran, sehingga rusa itu dapat keluar kawasan TWA atau CA. Rusa itu disebut mencari makanan di luar kawasan.

Baca Juga

“Rusa itu cari makan ke rumah masyarakat dan hotel. Mereka ketergantungan cari makan sisa sampah di hotel dan rumah masyarakat,” kata Kusnadi, Selasa (14/11/2023).

Kusnadi mengatakan, rusa yang berada di dalam kawasan TWA dan CA Pangandaran sebenarnya memakan rumput. Namun, kata dia, terkadang ada pengunjung yang memberi makanan untuk rusa. Hal itu disebut dapat membuat rusa menjadi ketergantungan makanan manusia.

Karena itu, Kusnadi mengingatkan para pengunjung untuk tidak memberikan makanan untuk satwa di dalam kawasan CA atau TWA. “Kami sudah berikan papan petunjuk dan sudah memberikan imbauan kepada pengunjung,” kata dia.

Ihwal rusa yang keluar kawasan CA atau TWA, Kusnadi mengatakan, pihaknya terus melakukan patroli. Ketika ditemukan rusa di luar kawasan, petugas akan menggiringnya untuk kembali.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement