Jumat 08 Dec 2023 06:01 WIB

Gempa Bumi Magnitudo 4,0 Guncang Bogor, Dirasakan Hingga Sukabumi

Gempa yang terjadi merupakan jenis dangkal yang disebabkan aktivitas sesar lokal.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Ilustrasi Gempa
Foto: Pixabay
Ilustrasi Gempa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gempa bumi tektonik magnitudo 4,0 mengguncang wilayah Kota Bogor, Jumat (8/12/2023) pukul 02.00 WIB dan dirasakan hingga Sukabumi. Titik gempa bumi berada di darat pada jarak 25 kilometer barat daya Kota Bogor dengan kedalaman 5 kilometer.

"Hari Jumat 8 Desember tahun 2023 pukul 02.00 Wib, wilayah Kota Bogor dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 4,0," ucap Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu melalui keterangan resmi, Jumat (8/12/2023).

Dia menuturkan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang disebabkan aktivitas sesar lokal setempat. Gempa bumi turut dirasakan hingga wilayah Sukabumi.

"Gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Kalapanunggal, Cicurug, Sukabumi dengan skala getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," kata dia.

 

Namun, Rahayu mengatakan, hingga saat ini belum terdapat laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Hingga pukul 02.30 Wib belum terdapat gempa bumi susulan kembali.

"Hingga pukul 02.30 Wib, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," kata dia.

Dia mengimbau, masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Serta memastikan informasi resmi bersumber dari BMKG.

"Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," kata dia.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement