Jumat 29 Dec 2023 16:07 WIB

Cak Imin Sebut Kiai NU Kena 'Gerpol', Tim AMIN akan Laporkan ke Bawaslu 

Beberapa orang NU didatangi dan diberi uang besar agar tidak usah membantu AMIN.

Rep: Eva Rianti/ Red: Agus Yulianto
Capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar saat hadir dalam pertemuan dengan para tokoh Tuban di Pondok Pesantren Bahrul Huda, Tuban, Jumat (29/12/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar saat hadir dalam pertemuan dengan para tokoh Tuban di Pondok Pesantren Bahrul Huda, Tuban, Jumat (29/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK -- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mengatakan, sejumlah kiai Nahdlatul Ulama (NU) terkena gerakan politik atau gerpol untuk tidak mendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 'AMIN'. Cak Imin menyebut, bakal melaporkan hal itu ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).  

"Itu money politics, di mana beberapa orang kami (NU) didatangi diberi uang besar kemudian (meminta) tidak usah membantu mereka tapi cukup berhenti membantu AMIN," kata Cak Imin saat dikonfirmasi ketika dirinya melakukan kegiatan kampanye di wilayah Gresik, Jawa Timur, Jumat (29/12/2023). 

Cak Imin menjelaskan, hal itu didapati dari cerita sejumlah kiai NU. Dia juga menyebut pihaknya mengetahui besaran nominal uang "gerpol" yang ditawarkan kepada para kiai NU. 

"Bahkan, uangnya dikasih tahu ke kita. (Jumlah besaran uang gerpol) tergantung tokoh-tokoh yang kami punya berbeda-beda. Oleh karena itu, cara-cara seperti ini menurut saya tidak sehat. Biarkanlah semua bergerak sesuai aspirasi," ujar Cak Imin. 

Cak Imin menyebut akan menindaklanjuti hal tersebut, meskipun para kiai yang terkena gerpol tidak berkeinginan untuk melaporkan. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menegaskan, bahwa tim AMIN bakal melaporkan hal tersebut ke Bawaslu. Namun, belum diterangkan siapa atau pihak mana yang akan dilaporkan. 

"Kalau itu (tindak lanjut) datanya lengkap karena beberapa tokoh itu enggak mau melaporkan, hanya memberi data, ya, nanti kita cek," kata dia.  

"(Tapi) pastilah kita (AMIN) rencana ngelaporin," lanjutnya.  

Diketahui, mulanya Cak Imin mengungkapkan adanya gerpol yang mendatangi para kiai saat memberi sambutan dalam acara Haul ke-12 Kiai Ahmad Sufyan Miftahul Arifin di Pondok Pesantren Mambaul Hikam, Situbondi, Jawa Timur, Kamis (28/12/2023) malam. 

"Seluruh kekuatan NU Kompak sebetulnya (mendukung Anies-Muhaimin), tapi karena tahu dananya (Anies-Muhaimin) pas-pasan, ada Kiai yang di gerpol (gerakan politik) dengan pemberian uang," kata Cak Imin. 

Dia mendapatkan cerita bahwa beberapa kiai NU didatangi oleh sejumlah orang yang menawarkan uang agar tidak memberikan suaranya untuk mendukung AMIN. 

"Saya baru tahu teorinya seluruh pendukung AMIN kalangan NU divakumkan, enggak dukung yang lain enggak papa, yang penting enggak dukung AMIN, gitu cara kerjanya," ucapnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement