Senin 01 Jan 2024 23:59 WIB

Pj Bupati Majalengka Ingatkan Kewaspadaan Bencana Hidrometeorologi di Awal Tahun

Diprakirakan ada potensi hujan lebat pada awal 2024 ini.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kondisi cuaca.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
(ILUSTRASI) Kondisi cuaca.

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA — Penjabat (Pj) Bupati Majalengka Dedi Supandi mengingatkan soal kewaspadaan akan potensi bencana hidrometeorologi pada awal tahun ini. Pasalnya, diprakirakan ada potensi turun hujan lebat di wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

“Dari pemerintah pusat kita dapat imbauan akan terjadi hujan lebat dan kalau tidak diantisipasi bisa menimbulkan beberapa bahaya,” kata Dedi, Senin (1/1/2024).

Baca Juga

Hujan dengan intensitas tinggi dikhawatirkan dapat memicu kejadian bencana longsor atau banjir. Dedi juga mengingatkan soal kemungkinan terjadi angin kencang dan pohon tumbang. 

Menurut Dedi, ada beberapa daerah di wilayah selatan Majalengka yang dinilai rawan longsor. “Untuk zona hujan lebat dan bahaya longsor itu rata-rata di wilayah Majalengka selatan. Kalau untuk angin kencang, Majalengka kota juga termasuk,” katanya.

Dalam upaya menekan risiko bencana, Dedi menekankan soal mitigasi. Ia pun mengingatkan masyarakat agar tetap waspada akan potensi bencana saat musim hujan. Termasuk juga bagi wisatawan. Diharapkan wisatawan lebih waspada saat berwisata di kawasan yang rawan terdampak bencana hidrometeorologi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement