Selasa 02 Jan 2024 21:38 WIB

Minim Rambu-Rambu, Enam Wisatawan Terseret Ombak di Pantai Cipatujah

Fasilitas di kawasan pantai Kabupaten Tasikmalaya disebut masih minim.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Arie Lukihardianti
Suasana di objek wisata Pantai Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (2/1/2024).
Foto: Dok Balawista Kabupaten Tasikmalaya
Suasana di objek wisata Pantai Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (2/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Sebanyak enam orang wisatawan dilaporkan terempas ombak saat sedang berenang di Pantai Pesanggrahan, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, pada Senin (1/1/2023). Enam orang itu dapat diselamatkan setelah dilaporkan tenggelam.

Ketua Balawista Kabupaten Tasikmalaya Rahmat Saputra mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Senin sekitar pukul 14.00 WIB. Enam orang yang tenggelam itu merupakan wisatawan asal Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, di mana empat orang di antaranya masih merupakan anak-anak. 

Baca Juga

"Iya benar kemarin ada laka laut di Pantai Pesanggrahan Cipatujah. Memang di wilayah pantai itu dilarang berenang," kata dia saat dikonfirmasi Republika, Selasa (2/1/2024).

Saputra menjelaskan, kronologi kejadian itu bermula ketika sejumlah wisatawan tersebut beranang di Blok Batu Amor, Pantai Pesanggrahan, Kecamatan Cipatujah, pada Senin siang. Namun, tiba-tiba datang gelombang yang mengempas para wisatawan itu.

 

Akibatnya, korban terbawa arus hingga mengalami mual dan sesak napas. Tim yang mendapat laporan langsung berupaya menolong korban. Setelah itu, para korban dibawa ke puskesmas terdekat unfuk mendapatkan penanganan medis.

"Total ada enam orang terhempas ombak dan terkena batu. Namun selamat semua korban," kata Rahmat.

Menurutnya, kejadian itu merupakan satu-satunya kecelakaan laut yang terjadi selama momen libur Natal dan tahun baru (Nataru) di wilayah pantai Kabupaten Tasikmalaya. Namun, kasus itu tetap akan menjadi perhatian. Pasalnya, di Pantai Pesanggrahan masih minim terpasang rambu-rambu peringatan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement