Selasa 30 Jan 2024 11:53 WIB

ITB Gandeng Pinjol untuk Biaya Kuliah Mahasiswa, Ridwan Kamil: Jangan Memberatkan

Jika kebijakan tersebut dinilai mahasiswa memberatkan maka kampus harus mengakomodir

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: Republika/Febryan A
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut mengomentari kebijakan ITB almamaternya yang menggandeng aplikasi pinjaman online (pinjol) Danacita untuk biaya kuliah mahasiswa. Ia meminta agar pinjaman tersebut tidak memberatkan para mahasiswa.

"Pertama niatnya baik karena tidak semua mahasiswa itu punya kemampuan keuangan. Harus disubsidi itu realitanya tidak semua bisa membayar," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, belum lama ini kepada wartawan.

Baca Juga

Emil mengungkapkan terdapat beberapa jalur seleksi masuk ITB seperti seleksi dari sekolah, seleksi berbasis tes dan seleksi jalur mandiri. Bagi mereka yang kesulitan membayar UKT, Emil menilai kampus memiliki kebijakan untuk membantu mahasiswa.

"Sistem subsidi menolongnya dalam bentuk pinjaman, saya kira kita lihat konteks kekinian saja karena orang pinjaman hari ini digital ya," katanya.

Namun, Emil menekankan bahwa pinjaman yang diberikan tidak memberatkan mahasiswa. Ridwan Kamil mengungkapkan negara harus hadir memberikan pinjaman tanpa bunga. "Yang penting jangan memberatkan, negara hadir dalam bentuk minjem gak ada bunganya saya kira itu paling bagus," kata dia.

Emil menegaskan, apabila kebijakan tersebut dinilai mahasiswa memberatkan maka kampus harus bisa menyerap aspirasi itu untuk meringankan. Emil menyebut investasi pendidikan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya kepada generasi muda.

Sebelumnya, jagad media sosial X dihebohkan oleh postingan akun ITBfess berisi tentang kampus ITB yang menawarkan mahasiswa membayar uang kuliah tunggal (UKT) menggunakan pinjaman online (pinjol) dan berbunga. Sontak postingan tersebut direspons negatif oleh kalangan warganet.

Seperti dilihat pada postingan tersebut, terdapat foto selembaran berisi informasi tentang program cicilan kuliah bulanan di Institut Teknologi Bandung (ITB). Program itu bekerja sama dengan pihak ketiga.

Disebutkan di selembaran tersebut, pihak ketiga merupakan mitra resmi ITB. Selain itu, terdapat program cicilan enam bulan hingga 12 bulan. Proses pengajuan tanpa down payment (DP) dan tanpa jaminan apa pun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement