Selasa 19 Mar 2024 15:18 WIB

Ramadhan Tahun Ini, Indosat Beri Bantuan Gerobak ke Marbot Masjid di 57 Titik

Gerobak berkah ramadhan ini diberikan untuk marbot agar mereka bisa usaha.

Media update buka bersama Indosat di Bandung, Senin malam (18/3/2024).
Foto: Dedi Junaedi
Media update buka bersama Indosat di Bandung, Senin malam (18/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Di bulan ramadhan tahun ini, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) memiliki progam Indosat Berkah Ramadhan. Salah satu bentuk kegiatannya adalah program Gerobak Berkah yang dibuat sebagai sebuah dukungan nyata menggerakkan perekonomian masyarakat Indonesia yang difokuskan melalui marbot masjid.

Menurut Head of Region West Java Indosat Robby Hikmat Permana, program pemberian gerobak untuk marbot masjid ini akan diberikan di 57 lokasi di seluruh Indonesia. Indosat, membuat program ini karena ingin menjadikan masjid sebagai salah satu tempat pengembangan komunitas lokal. Serta memperkuat ikatan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya.

Baca Juga

"Gerobak berkah ramadhan ini diberikan untuk marbot agar mereka bisa usaha kan selama ini banyak marbot yang sambil usaha menjual minuman, pulsa dan lainnya makanya kami support di 57 titik," ujar Robby di media update buka bersama Indosat di Hotel Luxton, Senin malam (18/3/2024).

Bantuan gerobak untuk marbot ini, kata dia, di antaranya diberikan di masjid yang ada di Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Cirebon, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran dan lainnya. "Kami akan mencoba di area Jawa Barat dulu nanti kita lihat hasilnya sejauh mana. Kalau memungkinkan akan ditambah," katanya.

Indosat juga, kata dia, mengajak pelanggan untuk berkolaborasi dalam kampanye Indosat Berkah Ramadan melalui aplikasi myIM3 dan bima+. Dengan menukar loyalty point milik mereka, pelanggan dapat turut berkontribusi langsung dalam menggerakkan perekonomian lokal dan berbagi keberkahan di bulan Ramadhan.

Terkait infrastruktur menjelang lebaran, kata dia, Indosat memasang 30 site baru di wilayah Jawa mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi saat Lebaran 2024. Site baru tersebut juga dipasang di sejumlah titik mengantisipasi kawasan blank spot.

Robby mengatakan, berdasarkan kegiatan Lebaran tahun lalu, pihaknya telah memetakan sejumlah wilayah di pulau Jawa yang berpotensi mengalami lonjakan trafik. Beberapa daerah tersebut diantaranya Yogyakarta, Pagi, Solo, dan beberapa daerah lainnya di Jateng yang menjadi tujuan mudik dan liburan. “Kami tidak hanya menambah kapasitas radio, tapi juga kami tambah 30 site baru. Sehingga tidak ada spot kosong,” kata Robby

Selain itu, kata dia, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi jika trafik komunikasi naik di pusat keramaian seperti mal, tempat wisata, tempat ibadah, bandara, terminal bus, stasiun kereta, dan lainnya. Lokasi tersebut menjadi fokus Indosat menjaga keandalan jaringan. “Kami sudah petakan titik yang akan mengalami lonjakan trafik. Kami akan tambah kapasitas radio. Pusat pariwisata seperti Pangalengan Ciwidey itu setiap tahun trafiknya tinggi,” katanya.

Indosat juga, kata dia, menambah kapasitas layanan data di atas normal atau rata-rata trafik data harian. Hal ini mengantisipasi menghadapi lonjakan trafik data nasional selama periode Ramadhan yang berpotensi naik sekitar 14 persen.

Lonjakan trafik data tersebut diperkirakan akan dipicu oleh peningkatan penggunaan aplikasi smartphone seperti TikTok, WhatsApp, dan Instagram, serta game online khususnya Mobile Legends, FreeFire, dan PUBG.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement