Sabtu 06 Apr 2024 12:35 WIB

Tahun Ini UPI Membuka Prodi Ilmu Hukum, Difokuskan ke Hukum Pendidikan

Program Studi S1 Ilmu Hukum FPIPS UPI memiliki sejumlah keunggulan

Ketua Tim Pengembang Program Studi Ilmu Hukum Program Sarjana FPIPS UPI Prof Dr Cecep Darmawan
Foto: Dok Republika
Ketua Tim Pengembang Program Studi Ilmu Hukum Program Sarjana FPIPS UPI Prof Dr Cecep Darmawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) akhirnya membuka program studi (Prodi) Ilmu Hukum untuk jenjang Sarjana Pada Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan. Secara resmi, Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof Dr M Solehuddin, MPd, MA telah membuka Prodi tersebut belum lama ini.

Pendirian Program Studi Ilmu Hukum sendiri, diinisiasi sejak 2023 dan berproses sesuai tahapan-tahapan yang dipersyaratkan. Prodi ini telah memenuhi persyaratan akreditasi minimum sebagai Program Studi Ilmu Hukum Pada Program Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia berdasarkan hasil ketetapan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Melalui Surat Nomor. 465/BAN-PT/LL/2024. 

Baca Juga

Menurut Ketua Tim Pengembang Program Studi Ilmu Hukum Program Sarjana FPIPS UPI Prof Dr Cecep Darmawan, SH SIP SAP SPd MH MSi, visi Prodi S1 Ilmu Hukum FPIPS UPI yaitu menjadi Program Studi Pelopor (Leading) dan Unggul (Outstanding) berbasis riset untuk menghasilkan Sarjana Hukum yang professional, kompetitif, inovatif, dan bermoral. Serta, mengabdi pada kepentingan bangsa dan negara dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila. 

"Selain itu, kami berharap Program Studi S1 Ilmu Hukum ini sebagai lembaga pendidikan tinggi hukum terbaik di Indonesia dengan reputasi internasional," katanya.

Cecep Darmawan mengatakan, Program Studi S1 Ilmu Hukum FPIPS UPI memiliki sejumlah keunggulan. Yaitu, profil lulusan difokuskan untuk menjadi SDM ahli di bidang hukum, seperti Penegak Hukum, Profesi Hukum, Birokrat, dan Akademisi. Selain itu, lulusannya memiliki kompetensi khusus di bidang Hukum Pendidikan serta berjalan seiring dengan pengembangan penelitian dan riset dalam bidang Hukum Pendidikan yang inovatif dan aplikatif.

Progam Studi ini juga, kata dia, memiliki keunggulan dalam kurikulum yang dikembangkan mengacu kepada body of knowledge, dengan fokus penguatan kompetensi penelitian, keilmuan dan keterampilan aplikasi di bidang Hukum Pendidikan. Serta, mengembangkan ilmu, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (tridharma perguruan tinggi) berbasis ilmu hukum secara terpadu yang dilakukan melalui pelaksanaan perkuliahan yang mengimplementasikan optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasarana serta potensi diri mahasiswa dalam proses pembelajaran. 

"Kami pun akan memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Kerja sama dalam melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dengan stakeholders pemerintah maupun pihak swasta," katanya.

Selain itu, kata dia, sasaran yang diharapkan Program Studi S1 Ilmu Hukum FPIPS UPI yaitu terwujudnya pembelajaran berbasis penelitian (research based learning), tercapainya Program Studi S1 Ilmu Hukum berkelas dunia dan peningkatan reputasi internasional di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 

"Kami berharap bisa mengambil peran dalam penyelesaian masalah-masalah bangsa dengan pendekatan kerakyatan dan kearifan lokal Indonesia. Serta, mengangkatnya ke tingkat internasional dan terwujudnya lulusan SDM ahli di bidang hukum yang mampu bersaing secara nasional maupun global," paparnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement