Selasa 16 Apr 2024 20:34 WIB

Pemudik Arus Balik Masih Padati Jalur Arteri Cirebon Walaupun Cuti Bersama Usai

Tercatat ada 33.175 kendaraan yang melintas di jalur arteri Cirebon dari arah Jawa.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Kendaraan melintas di Tol Palimanan-Kanci KM 191 arah Jakarta, Cirebon, Jawa Barat
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Kendaraan melintas di Tol Palimanan-Kanci KM 191 arah Jakarta, Cirebon, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON-- Masa cuti bersama Lebaran Idul Fitri 2024 sudah berakhir kemarin. Namun, puluhan ribu pemudik masih memadati jalur arteri pantura Cirebon, Selasa (16/4/2024) siang.

Kondisi itu seperti yang terlihat di jalur arteri Simpang Pemuda, Kota Cirebon. Kendaraan pemudik dari arah Jawa terus mengalir menuju ke arah Jakarta. Kendaraan pemudik arus balik yang melintas di jalur arteri Simpang Pemuda itu didominasi oleh sepeda motor. Keberadaan pemudik itu mudah dikenali dari plat nomor kendaraan mereka maupun berbagai perlengkapan dan barang bawaan yang cukup banyak.

Baca Juga

Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Selasa (16/4/2024) sejak pukul 00.00 WIB hingga 11.00 WIB, tercatat ada 33.175 kendaraan yang melintas di jalur arteri Cirebon dari arah Jawa menuju arah Jakarta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 27.602 kendaraan merupakan pemudik sepeda motor.

Masih banyaknya pemudik yang baru melakukan perjalanan balik pada hari ini ke arah Jakarta itu dimaksudkan untuk menghindari kemacetan. Hal itu seperti yang disampaikan Gunawan, seorang pemudik asal Purwokerto, Jawa Tengah, yang akan kembali ke tempat tinggalnya di Bekasi, Jawa Barat.

‘’Sengaja pilih balik hari ini, biar gak kena macet. Saya berangkat pukul 06.00 WIB, Alhamdulillah jalanan lancar,’’ ujarnya saat melintas di Simpang Pemuda, Kota Cirebon.

Hal senada diungkapkan seorang pemudik asal Tegal, Jawa Tengah, Sugito. Dia mengaku sengaja melakukan perjalanan balik pada hari ini ke Jakarta untuk menghindari kemacetan. Sugito bekerja sebagai wiraswasta sehingga tidak terikat dengan masa cuti bersama lebaran yang ditetapkan pemerintah. ‘’Alhamdulillah lancar, tidak macet,’’ kata Sugito. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement