Selasa 21 May 2024 07:58 WIB

Ruang Terbuka Masih Minim, Festival Milm Kampung Cirebon Angkat Tema Pekarangane Kita

Minimnya ruang terbuka hijau (RTH) akibat kurangnya lahan di Kota Cirebon.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Ruang Terbuka Hijau (ilustrasi).
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Ruang Terbuka Hijau (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON---Pemkot Cirebon kembali menggelar Festival Milm Kampung. Festival tersebut melibatkan semua unsur masyarakat yang ada di tingkat RW.

"Tahun ini kami kembali menghadirkan Festival Milm Kampung yang mengambil tema Pekarangane Kita,’’ ujar Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa, pada kegiatan Sosialisasi Festival Milm Kampung di Co-Working Space DKIS Kota Cirebon, Senin (20/5/2024).

Baca Juga

Pemilihan tema “Pekarangane Kita” tahun ini menurut Ma’ruf dilatarbelakangi oleh masih minimnya ruang terbuka hijau (RTH) akibat kurangnya lahan di Kota Cirebon. Padahal, keberadaan RTH penting untuk memperbaiki kualitas udara serta sebagai sarana untuk pendidikan dan perekonomian.

Selain itu, perubahan iklim juga menjadi isu yang penting, khususnya untuk Kota Cirebon yang berada di bibir pantai namun tak jauh dari pegunungan. ‘’Pengembangan dan pemeliharaan RTH merupakan langkah strategis dalam menghadapi perubahan iklim khususnya di daerah perkotaan,’’ kata Ma’ruf.

Film pendek dalam Festival Milm akan merekam upaya kreatif yang telah dilakukan masyarakat di tingkat RW, untuk memanfaatkan lahan kosong di lingkungan mereka. Sehingga realitas potensi unggulan ruang terbuka hijau yang ada di suatu kampung bisa tergambar melalui sebuah film.

Peserta membuat film pendek bergenre dokumenter drama (dokudrama) berdurasi 10 hingga 15 menit yang diproduksi oleh warga di 249 RW yang ada di Kota Cirebon. ‘’Festival Milm Kampung ini memperebutkan piala PJ Wali Kota Cirebon,’’ kata Ma’ruf.

Festival Milm Kampung merupakan respon dari target Cirebon Smart City, masyarakat yang cerdas memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. ‘’Festival Milm Kampung melibatkan semua unsur pemegang kebijakan mulai tingkat kecamatan, kelurahan hingga RW, yang dimulai 1 hingga 30 Juni 2024,’’ kata Ma’ruf.

Selanjutnya, kata Ma’ruf, masa penilaian akan dimulai 1 hingga 6 Juli 2024 untuk penilaian SKPD dan 7 hingga 11 Juli 2024 untuk penilaian juri. Sedangkan Malam Anugerah Milm Kampung 2024 akan digelar pada 12 Juli 2024. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement