Kamis 23 May 2024 18:12 WIB

Heboh Bentrok PKL dengan Petugas Satpol PP Kembali Terjadi di Dalem Kaum Bandung

PKL memaksa berjualan di Jalan Dalem Kaum yang merupakan zona bebas PKL.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Petugas satpol PP berjaga-jaga di Jalan Dalem Kaum, kawasan Alun-alun Kota Bandung, setelah penertiban pedagang kaki lima (PKL)
Foto: Edi Yusuf/Republika
Petugas satpol PP berjaga-jaga di Jalan Dalem Kaum, kawasan Alun-alun Kota Bandung, setelah penertiban pedagang kaki lima (PKL)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Bentrokan antara pedagang kaki lima (PKL) dengan petugas Satpol PP kembali terjadi di Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Kamis (23/5/2024) sore. Sejumlah pihak terlihat merekam aksi bentrokan tersebut dan videonya beredar di media sosial.

Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi mengungkapkan aksi penertiban yang dilakukan petugas terhadap pedagang PKL terjadi Kamis (23/5/2024) sore. Mereka memaksa berjualan di Jalan Dalem Kaum yang merupakan zona bebas PKL. "Ya, biasa itu ya mereka berjualan kan gak boleh di situ gak boleh dipaksakan," ujar Rasdian saat dikonfirmasi, Kamis (23/5/2024).

Baca Juga

Ia menyebut pihaknya selalu memberikan imbauan kepada PKL untuk tidak berjualan di Jalan Dalem Kaum. Namun, mereka tetap kekeuh untuk berjualan di kawasan tersebut. "Kalau pakai imbauan terus kapan selesainya, Satpol PP makan gaji buta harus menegakkan aturan," kata dia.

Selama peraturan daerah tentang PKL belum diubah, ia mengatakan petugas Satpol PP harus menjalankan aturan menegakkan perda. "Kalau di sana bukan PKL Dalem Kaum tapi dari luar, ada link keluar," kata dia.

Sebelumnya, bentrok antar PKL dengan petugas Satpol PP Kota Bandung sempat terjadi pada bulan Desember tahun 2023 lalu. Mereka ingin tetap berjualan dan menolak dipindahkan ke basement Alun-Alun Bandung.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement