Kamis 27 Jun 2024 12:11 WIB

Ular Sanca Kembang Mangsa Bebek, Ini Tips Mencegah Ular Masuk ke Permukiman

Awalnya warga mendengar anjing peliharaannya terus menggonggong

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Seekor ular sanca kembang (Python reticulatus) (Ilustrasi)
Foto: Dok Pemadam Kebakaran Kabupaten
Seekor ular sanca kembang (Python reticulatus) (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN----Sekor ular sanca kembang dilaporkan memangsa bebek yang diternakkan milik warga di Dusun Manis, Desa Karangtengah, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan. Warga diharapkan melakukan upaya pencegahan agar ular tidak masuk ke tempat tinggal mereka.

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Andri Arga Kusumah mengatakan, berdasarkan keterangan dari pemilik kandang ternak, Eno Suharno (56), awalnya mendengar anjing peliharaannya terus menggonggong. Saat dicek, ternyata ditemukan ada dua ekor bebek peliharaan yang mati pada Selasa (25/6/2024).

Baca Juga

Keesokan harinya, atau Rabu (26/6/2024) malam, terdengar lagi anjing menggogong. Selain itu, terdengar pula angsa dan bebek di dalam kandang yang terus bersuara ketakutan. ‘’Pemilik ternak lantas bergegas ke kandang. Setelah dicek di sekeliling kandang ternak, ternyata ada ular sanca di atap kandang,’’ ujar Andri, Kamis (27/6/2024).

Melihat hal itu, pemilik ternak yang ketakutan langsung menghubungi call center UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan di nomor 081322698881/(0232) 871113, untuk meminta bantuan.

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) yang menerima panggilan itupun langsung meluncur ke lokasi meski sudah tengah malam. Hanya dalam waktu sepuluh menit, petugas damkar berhasil mengevakuasi ular sanca kembang sepanjang dua meter dari area kandang ternak tersebut. 

‘’Apabila dibiarkan/tidak dievakuasi, ular itu dikhawatirkan dapat membahayakan hewan ternak, pemilik kandang dan masyarakat yang berada di sekitar area tersebut,’’ kata Andri.

Andri mengatakan, untuk mencegah agar ular tidak datang, maka ada sejumlah tips yang bisa dilakukan oleh masyarakat.

 

Adapun tips mencegah ular datang antara lain :

1. Bersihkan area sekitaran kandang dan hindari menumpuk barang-barang yang sudah tidak terpakai

2. Usir hewan yang menjadi mangsa ular

3. Tempatkan hewan peliharaan di tempat aman

4. Semprotkan pengharum ruangan

5. Isi lubang dengan benda padat yang berpotensi ular masuk

6. Pakai kapur barus atau bahan aroma yang wangi dan lainya akan menggangu sensor penciuman ular dalam mencari mangsa sehingga ular tidak akan masuk ke area rumah/kandang 

‘’Kami juga mengimbau agar warga jangan membiarkan tumpukan bahan bangunan, bekas sampah, atau membiarkan halaman rumah/kandang kotor dan lembab, karena akan mengundang ular masuk lokasi halaman rumah/kandang,’’ kata Andri.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement