Sabtu 03 Aug 2024 15:50 WIB

Dishut Jabar Sebut Bebersih Leweung Republika jadi Inspirasi Gaya Hidup Bagi Gen Z

Kegiatan yang dilakukan Republika sangat pas dengan anak muda saat ini.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Republika kembali menggelar kegiatan Bebersih Leuweung etape II, di Gunung Putri Jayagiri Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sabtu (3/8/2024).
Foto: Edi Yusuf
Republika kembali menggelar kegiatan Bebersih Leuweung etape II, di Gunung Putri Jayagiri Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sabtu (3/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengapresiasi aksi Bebersih Leweung jilid II yang dilakukan di Gunung Putri Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (3/8/2024). Mereka berharap aksi tersebut bisa diikuti dan menjadi gaya hidup bagi generasi Z.

"Saya mengapresiasi sekali ini acara diadakan oleh koran nasional Republika tapi judulnya pakai bahasa lokal Bebersih Leweung artinya membersihkan hutan," ujar Kepala Dinas Perhutanan Provinsi Jawa Barat Dodit Ardian Pancapana di sela-sela acara.

Baca Juga

Dodit mengatakan, jumlah penduduk di Jawa Barat mencapai 50 juta dengan lahan yang tersedia mencapai 3,7 juta. Sedangkan 41 persen lahannya tertutup oleh pepohonan. Dengan kondisi itu, tekanan terhadap keberadaan hutan di Jabar tinggi.

"Oleh sebab itu dengan ada kegiatan yang diinisiasi oleh media penting sekali bagi 50 juta warga Jabar agar upaya perlindungan hutan pelestarian alam bisa digaungkan dengan kuat kepada khalayak masyarakat," kata Dodit.

Apalagi, Dodit mengatakan sebagian masyarakat Jabar merupakan anak muda. Sehingga kegiatan yang dilakukan Republika sangat pas dengan anak muda saat ini.

"Saya mengajak institusi lain, entitas lain bisa mengikuti langkah yang dilakukan Republika, apalagi ini momennya 17-an Agustusan, 79 tahun Indonesia dan 79 tahun Jawa Barat cocok banget," kata dia.

Dodit menambahkan upaya pelestarian lingkungan dan menjaga hutan dapat dimulai dari pinggiran hutan. Sekaligus mendorong agar masyarakat hutan sejahtera. Ia menyebut Republika berusaha membumikan nilai-nilai kebangsaan dan perjuangan tentang alam disesuaikan dengan kondisi di Jabar.

Aksi Bebersih Leweung melibatkan komunitas pencinta alam seperti Pamor FPOK UPI, Mapala STIKOM Bandung dan Unisba termasuk Forum Penyelamat Lingkungan Hidup. Kegiatan pun didukung oleh Pemprov Jabar, Bank BJB, Perhutani, PTPN VIII, Palawi Risorsis, Air Mineral Bisto, Bank BJB Syariah, Rumah Wakaf, Rumah Zakat, Truclimate dan Eiger.

Aksi Bebersih Leuweung jilid II merupakan rangkaian dari program Sehati untuk Bumi yang digagas Republika. Program tersebut sudah berlangsung sejak bulan Juni hingga Juli mendatang dengan kegiatan lainnya. Sebelumnya, aksi Bebersih Leuweung pertama kali digelar di Gunung Palasari, Kabupaten Bandung melibatkan berbagai komunitas pencinta alam dan berbagai pihak yang mendukung kegiatan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement