Sabtu 26 Jun 2021 13:04 WIB

Pengurus Masjid Salman ITB Gelar Vaksinasi Massal Covid 19

Warga Kota Bandung dan sekitarnya yang ingin vaksin bisa ikut di Masjid Salman.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Erik Purnama Putra
Umat muslim melaksanakan ibadah shalat Zuhur di selasar Masjid Salman ITB, Jalan Ganesa, Kota Bandung, Jumat (25/6).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Umat muslim melaksanakan ibadah shalat Zuhur di selasar Masjid Salman ITB, Jalan Ganesa, Kota Bandung, Jumat (25/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar vaksinasi massal menyasar warga Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) dan sekitarnya. Hal itu merespon lonjakan jumlah kasus positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

Ketua Umum Pengurus YPM Salman ITB, Prof Suwarno, menjelaskan, Wakaf Salman dan Rumah Amal Salman menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jabar mengadakan vaksinasi massal pada Sabtu dan Ahad (26-27/6).

"Acara ini merupakan bagian dari program Dokter atau Donasi Kesehatan Terpadu, dari YPM Salman ITB, yang bertujuan untuk memberikan bantuan berupa layanan kesehatan bagi masyarakat selama masa pandemi," ujar Suwarno kepada wartawan di Kota Bandung, Sabtu (26/6).

Vaksinasi Covid-19, kata dia, adalah tindak lanjut dari kontribusi Masjid Salman ITB lainnya selama pandemi, baik untuk tenaga kesehatan maupun masyarakat umum, mulai dari penyaluran APD, masker, disinfektan, hingga alat kesehatan ventilator Vent-I sebagai alat penunjang perawatan pasien Covid-19.

Saat ini, Kota Bandung menjadi zona resiko tinggi penyebaran Covid-19. Akibatnya, pemerintah kembali memberlakukan PPKM (pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat) sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19.

Untuk mengatasi masalah itu, menurut Suawrno, diperlukan percepatan vaksinasi Covid-19 secara meluas ke masyarakat agar tercapai kekebalan kelompok (herd immunity). Sehingga, dengan cara itu pandemi segera berakhir.

Masjid Salman ITB, sebagai masjid kampus pertama di Indonesia dan salah satu masjid terbesar di Kota Bandung menjadi masjid pertama yang mengadakan acara vaksinasi secara massal. "Kegiatan vaksinasi massal Masjid Salman ITB ini diperuntukkan untuk masyarakat umum, mulai dari usia produktif hingga lansia," kata Suwarno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement