Selasa 24 Aug 2021 12:23 WIB

Tiga Laga Pembuka Jadi Uji Coba Kompetisi Liga 1

Masyarakat diminta mendukung klub masing-masing dari rumah.

Rep: Hartifiany Praisra/Rahayu Subekti/Ali Mansur/Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Ratna Puspita
Hanya ada tiga laga pada pekan pertama kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 yang dimulai 27 Agustus mendatang. Laga perdana akan mempertemukan Bali United kontra Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada Jumat (27/8) malam. (Foto: Stadion Gelora Bung Karno)
Foto:

Dukung dari Rumah

Sudjarno pun meminta dukungan dari masyarakat di seluruh Indonesia di antaranya mendukung dari rumah dan tidak melakukan nonton bareng. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga mengutarakan permintaan serupa. 

"Saya minta suporter tidak datang ke stadion atau nonton bareng. Mari dukung klub masing-masing dan menikmati pertandingan dari rumah saja," kata Luhut dalam konferensi video, Senin (23/8) malam. 

Pada uji coba pelaksanaan protokol kesehatan, dia mengatakan, Liga 1 akan digelar tanpa penonton dengan maksimal tiga pertandingan. "Sama seperti di pusat perbelanjaan, mall, dan industri, protokol kesehatan ketat akan diterapkan dan penggunan aplikasi PeduliLindungi (pada pertandingan Liga 1)," kata Luhut. 

Luhut meminta pengertian masyarakat agar mematuhi kebijakan tersebut. Sebab, kata dia, pemerintah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut. 

Polri akhirnya memberikan perizinan penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 dengan protokol kesehatan yang ketat. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pemberian izin berdasarkan hasil asesmen terkait dengan laju pertumbuhan Covid-19, asesmen terhadap situasi Bed Occupancy Rate (BOR), dan penurunan di beberapa wilayah. 

Berdasarkan hasil asesmen yang dilaksanakan oleh Kemenkes, pemerintah memberikan beberapa kelonggaran. "Salah satunya adalah melonggarkan kegiatan olahraga tentunya dengan berbagai macam pembatasan," ujar dia.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement