Senin 04 Oct 2021 15:02 WIB

Korban Tenggelam di Danau Batukarut Ditemukan Meninggal

Korban diduga keram kaki saat berenang di Danau Batukarut. 

Rep: Riga Iman/ Red: Indira Rezkisari
Ilustrasi Tenggelam. Seorang pemuda yang tenggelam di Danau Batukarut, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, akhirnya ditemukan oleh tim SAR gabungan pada Senin (4/10) dalam kondisi tidak bernyawa/
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Tenggelam. Seorang pemuda yang tenggelam di Danau Batukarut, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, akhirnya ditemukan oleh tim SAR gabungan pada Senin (4/10) dalam kondisi tidak bernyawa/

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Seorang pemuda yang tenggelam di Danau Batukarut, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, akhirnya ditemukan oleh tim SAR gabungan pada Senin (4/10) sekitar pukul 12.05 WIB siang. Korban yang diketahui bernama Ramdan Ridwansyah (18 tahun) tersebut ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada radius 7 meter dari lokasi kejadian di kedalaman kurang lebih 5 meter.

''Korban ditemukan siang ini melalui proses penyelaman,'' ujar Hendra Sudirman, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordiantor dalam operasi SAR. Selanjutnya korban dievakuasi menuju RS Hermina Sukabumi untuk penanganan selanjutnyam

Baca Juga

Hendra mengungkapkan, tim SAR menyampaikan turut belasungkawa yang mendalam atas musibah yang dialami korban. Selain itu apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh unsur SAR gabungan yang turut mendukung keberhasilan operasi SAR hingga akhirnya korban ditemukan.

Sebelumnya pada Senin (4/10) pagi pencarian hari kedua dilanjutkan oleh personil SAR gabungan dengan membagi area pencarian menjadi 3 (tiga) search rescue unit (SRU). Tim SRU pertama melakukan pencarian dengan penyisiran menggunakan rubber boat hingga radius kurang lebih 200 meter dari lokasi kejadian.

SRU kedua kata Hendra, melakukan pencarian melalui jalur darat dengan pengamatan secara visual menyisir bantaran danau hingga radius 600 meter dari lokasi kejadian. Terakhir SRU ketiga melakukan penyelaman dengan kedalaman 5 hingga 7 meter dengan radius 10 meter dari lokasi kejadian.

Hendra menuturkan, puluhan personil SAR gabungan juga dikerahkan dalam upaya pencarian terhadap korban dengan melibatkan instansi pemerintah maupun organisasi masyarakat. Di antaranya terdiri dari Pos SAR Sukabumi, Koramil Sukaraja, Polsek Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, BPBD Kabupaten sukabumi, BPBD Kota Sukabumi, Dankar Kabupaten Sukabumi, Satpol PP Kecamatan Sukaraja, SEHATI, ACT, Pramuka Peduli Kabupaten Sukabumi, Tagana Kab. Sukabumi, Tagana Kota Sukabumi, PMI Sukabumi, PMI Kota Sukabumi, masyarakat setempat, dan lain sebagainya.

Korban bernama Ramdan Ridwansyah (18) tenggelam pada Ahad (3/10) sekitar pukul 11.00 WIB di Danau Batukarut, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Korban pada saat itu sedang berenang di danau tersebut hingga akhirnya mengalami keram kaki dan tenggelam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement