Jumat 12 Nov 2021 14:55 WIB

Aliran Sungai Citanduy Sementara Dialihkan

Pengalihan aliran Sungai Citanduy karena ada pengerjaan Bendungan Leuwikeris.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andri Saubani
Suasana pembangunan Bendungan Leuwikeris di antara Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis, Rabu (13/10).
Foto:

Menurut dia, Bendungan Luewikeris nantinya akan memiliki penampungan 81 juta meter kubik dengan luas area genangan 242 hektare. Serta memiliki dua buah terowongan pengelak, dengan panjang masing-maaing terowongan 1 kilometer.

"Pengelakan sungai ini merupakan salah satu kunci kelancaran dalam suksesnya suatu tahapan dalam pembangunan bendungan. Dengan telah diialihkanya aliran Sungai Citanduy ini ke dua terowongan, maka pengerjaan tubuh bendungan sudah bisa dimulai," ujar dia.

 

Pembangunan Bedungan Leuwikeris setidaknya akan memiliki lima manfaat. Pertama, air dari bendungan itu akan mengairi daerah irigasi seluas 11.216 hektare. Kedua, akan menyediakan air baku di Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Ciamis, sebesar 845 liter per detik.

Ketiga, Bendungan Leuwikeris akan mereduksi banjir periode 25 tahun sebesar 11,7 persen atau dari 509,7 meter kubik per detii menjadi 450,02 meter kubik per detik. Keempat, dapat menghasilkan daya listrik sebesar 20 megawatt. Terakhir, meningkatkan potensi pariwisata di daerah sekitar.

Berdasarkan data dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy, wilayah sungai seluas sekitar 48 ribu hektare itu memiliki ketersediaan air sebesar 5,3 miliar meter kubik per detik atau setara dengan debit 170 meter kubik per detik. Sementara dari rencana penyediaan air wilayah Sungai Citanduy pada 2014, kebutuhan air irigasi, RKI, dan kebutuhan lainnya, memiliki total 86,73 meter kubik per detik. Namun, kebutuhan air yang dapat terpenuhi hanya 78,30 meter kubik per detik.

Kekurangan air itu umumnya terjadi pada Agustus hingga November, yang berdampak pada pola tanam irigasi. Di sisi lain, ketika musim hujan sering terjadi banjir di beberapa wilayah sekitar Sungai Citanduy. Pembangunan Bendungan Leuwikeris, yang berlokasi di antara wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis, disebut sebagai solusi atas sejumlah permasalahan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement