Senin 13 Dec 2021 06:09 WIB

Papatong Artspace dan Sebumi Tanam 1.000 Pohon di Hulu Sungai Citarum

Diharapkan penanaman pohon di hulu Citarum terus dipantau dan dirawat pertumbuhannya.

Papatong Artspace bersama dengan Sebumi melakukan penanaman 1.000 bibit pohon di area lahan kritis sekitar Situ Cisanti, 0 Km Hulu Sungai Citarum, Jawa Barat.
Foto: Istimewa
Papatong Artspace bersama dengan Sebumi melakukan penanaman 1.000 bibit pohon di area lahan kritis sekitar Situ Cisanti, 0 Km Hulu Sungai Citarum, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Setelah tertunda karena pandemi, Papatong Artspace bersama dengan Sebumi melakukan penanaman 1.000 bibit pohon yang diatasnamakan 16 pemenang Papatong Award #AnugerahPuisiBumi 2021. Lokasi penanaman dilaksanakan di area lahan kritis sekitar Situ Cisanti, 0 Km Hulu Sungai Citarum, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pendiri Papatong Artspace Yeni Fatmawati  mengatakan, 1.000 pohon yang ditanam ini merupakan sumbangan dari Paguyuban Budiasi, yakni paguyuban yang bergerak dalam bidang penghijauan dan pembibitan pohon serta tanaman.

"Penanaman 1.000 pohon ini, didukung juga oleh BKPH (Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan) Pangalengan dan Satgas Citarum Harum Sektor 1 dan 23. Penanaman pohon akan disebar di tiga titik, yakni di lahan sektor 23 area pembibitan Paguyuban Budiasi, di area bukit sektor 1 dan area pinggir Situ Cisanti 0 KM Sungai Citarum," ujar Yeni dalam rilisnya, Ahad (12/12).

Istri tokoh nasional mantan Menteri Tenaga Kerja Fahmi Idris itu menjelaskan jenis pohon yang akan ditanam adalah jenis pohon kayu keras 80 persen dan tanaman MPTS (Multi Purpose Tree Species) 20 persen seperti pohon alpukat, pohon macadamia dan pohon kopi.

 

"Rasio bibit tanaman ini sudah disesuaikan dengan kriteria lahan Perhutani," jelasnya.

Penanaman 1.000 pohon ini juga ikut serta mendukung komitmen Pemerintah Indonesia dalam mengakhiri dan membalikkan deforestrasi sebagaimana hasil dari Conference of the Parties ke-26 (CoP26) United Nations Climate Change Conference yang baru dilaksanakan di Glasgow, Skotlandia, pada 31 Oktober-12 November 2021.

Diharapkan pula penanaman pohon ini dapat terus dipantau dan dirawat pertumbuhannya hingga bermanfaat untuk masyarakat serta keseimbangan ekosistem.

Papatong Artspace menginisiasi Papatong Award #AnugerahPuisiBumi yang bertemakan eksistensi bumi dan pelestarian lingkungan bekerjasama dengan Yayasan Rayakultura, Sebumi, Paguyuban Budiasi, The Body Shop Indonesia dan Samuel Aset Manajemen.

Lomba ini diikuti oleh ratusan peserta mulai dari pelajar SMP/SMA dan sederajat SLTA, mahasiswa, dosen dan umum dan terpilih 16 pemenang yang tersebar dari Sabang hingga Merauke dengan total hadiah uang tunai Rp 20 juta dan 1.000 pohon.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement