Sabtu 17 Dec 2022 23:10 WIB

Viral Dua Monyet Mati, Kini Bogor Mini Zoo Ditutup

Bogor Mini Zoo membeli monyet-monyet tersebut di Pasar Pramuka, Jakarta Timur.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Agus Yulianto
Petugas memeriksa kondisi monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) yang dijual warga. (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Petugas memeriksa kondisi monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) yang dijual warga. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Sebuah video viral di media sosial yang melihatkan dua ekor anak monyet mati di kandang diduga karena kelaparan di Bogor Mini Zoo, Jawa Barat. Hal ini terungkap dari video yang diunggah oleh akun Instagram @doniherdaru.

Dalam hal ini, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, akan menutup sementara Bogor Mini Zoo karena dua ekor anak monyet yang mati belum jelas penyebabnya apa. Selain itu, Bogor Mini Zoo juga belum memiliki izin.

"Saya lihat kondisinya tidak terawat dan banyak hal-hal yang tidak sesuai juga bahkan izinnya masih belum ada. Asetnya bagus, potensi untuk edukasi bagus tapi kalau tidak dirawat sayang sekali, karena itu saya minta ini tidak beroperasional dulu. Kita stop dulu. Tim Pemkot sama BKSDA Jabar akan melakukan kajian menyeluruh," katanya dikutip dari akun pribadi Instagram Bima Arya Sugiarto pada Sabtu (17/12/2022).

Sementara itu, Ketua Tim Evakuasi dan Identifikasi BKSDA Jawa Barat Dani Ramdhani mengatakan, pengelola Bogor Mini Zoo bilang kalau mereka membeli monyet-monyet tersebut di Pasar Pramuka, Jakarta Timur.

"Dari pengelola katanya beli di pasar Pramuka, memang pasar pramuka kan banyak yang jual satwa ilegal dan satwa liar," katanya.

Dia mengatakan, saat ke tempat Bogor Mini Zoo. Kandangnya banyak yang tidak layak. Sehingga, bisa membuat satwa berkelahi dan menjadi mati.

"Keliatannya kandangnya tidak layak ya karena tidak sesuai SOP yang ada, jadi kemungkin dari posisi kelayakan kurang memadai kemungkinan besar satwa bisa mati gara-gara berkelahi," kata dia.

Selain itu, ditemukan satwa yang dilindungi oleh Undang-Undang, seperti berang-berang, kura-kura dan buaya. "Contohnya tadi ditemukan ada berang-berang di dalam gudang, bukannya di kandang. Itu tanda tanya juga mengapa kok ada di gudang," kata dia.

Dalam hal ini, pihaknya akan menindaklanjuti dan menelusuri penyebab dua monyet tersebut bisa mati dan ketidaklayakan satwa yang ada di Bogor Mini Zoo. "Kita akan tindak lanjuti dan mendalami semuanya ya," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement