Jumat 10 Feb 2023 05:27 WIB

Ridwan Kamil Pantau Kondisi Warga Jabar Terdampak Gempa Turki

WNI yang mengungsi di KBRI Turki sebanyak 120 orang, dan 17 diantaranya warga Jabar.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Foto: Rizal FS/Biro Adpim Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memantau kondisi warga Jabar yang terdampak bencana gempa bumi Turki via video call (panggilan video) di Jakarta, Kamis (9/2/2023). 

Dalam video call tersebut, Ridwan Kamil berbincang dengan Muhammad Farid Hilmi (Kabupaten Bandung), Fariz Fauzi Anshari (Kota Bandung), Muhammad Kemal (Purwakarta), Hilmi Abdul Azis (Bandung Barat), dan Muhammad Khalid (Kota Bandung). Mereka merupakan mahasiswa Gaziantep University.

"Kondisi kalian sekarang bagaimana? Apa yang dibutuhkan untuk saat ini?" tanya Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil. 

Warga Jabar yang ada di Turki tersebut, menjawab kalau mereka dalam kondisi baik. Saat ini, mereka sedang mengungsi di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Turki di Ankara. Adapun jumlah WNI yang mengungsi di KBRI Turki sebanyak 120 orang. Dari jumlah itu, 17 orang di antaranya merupakan warga Jabar.

 

Mengetahui hal tersebut, Kang Emil pun bersyukur mereka dan warga Indonesia lainnya dalam kondisi baik dan mendapat penanganan maksimal. Ia pun akan memberikan bantuan dan memantau kondisi warga Jabar di Turki.

"Kita doakan dari Tanah Air, minimal kalian yang di situ jaga kesehatan, keselamatan dan ikuti arahan KBRI. Kita juga akan bantu kebutuhan di sana," katanya.

Kang Emil juga meminta kepada perwakilan warga Jabar untuk mendata secara pasti kebutuhan apa saja yang saat ini diperlukan, termasuk berkoordinasi dengan pihak KBRI. "Tolong didata yang dibutuhkan saat ini apa saja, koordinasi dengan KBRI, lalu sampaikan datanya ke saya dan kita akan bantu secepatnya," kata Kang Emil.

Menurut Kang Emil, saat ini banyak warga Indonesia yang berempati dan ingin membantu. "Yang mau menolong itu banyak cuma bingung apa bentuknya. Nanti di sini kita juga akan menggalang dana," katanya.

Salah satu warga Jabar di Turki, Muhammad Khalid, menceritakan bahwa saat ini dirinya bersama WNI lainnya mengungsi di Aula Wisma Atlet KBRI.

"Di KBRI ini, kami sudah berkumpul dari beberapa provinsi di Turki, di aula ini kami tidur ada yang pakai karpet dan kasur, cukup berdesakan tapi masih nyaman dan bersyukur," kata Khalid.

Khalid juga melaporkan tentang kondisi di tempatnya berada yang hingga saat ini masih sering terjadi gempa susulan. "Situasi Turki saat ini masih terjadi gempa susulan," katanya.

Mewakili teman-temannya, Khalid menyampaikan terima kasih kepada Ridwan Kamil dan masyarakat di Indonesia yang mendoakan dan peduli terhadap kondisi mereka."Terima kasih, pak, atas doa dan perhatiannya kepada kami di sini," ucap Khalid.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement