Senin 12 Jun 2023 20:27 WIB

Longsor Terjadi di Sejumlah Desa, Warga Tasikmalaya Diminta Waspada

Salah satu kejadian longsor di Tasikmalaya mengakibatkan korban meninggal dunia.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Petugas BPBD Kabupaten Tasikmalaya meninjau lokasi terdampak bencanalongsor di Dusun Cigembormekar, Desa Cintawangi, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (9/6/2023).
Foto:

Kurnia mengatakan, saat ini BPBD masih berupaya melakukan penanganan pascabencana di dua desa tersebut. Menurut dia, jalan terdampak longsor sudah bisa dilintasi, namun pihaknya masih melakukan penyemprotan lantaran ada material tanah yang menempel di aspal. 

“Tanah di jalan itu juga harus diangkut pakai truk karena tidak bisa disimpan di pinggir jalan. Soalnya ada rumah warga,” ujar Kurnia.

BPBD Kabupaten Tasikmalaya juga mendapat laporan kejadian longsor di wilayah Desa Parakanhonje, Kecamatan Bantarkalong. Longsor dikabarkan mengikis abutmen jembatan. Sementara longsor di wilayah Desa Cayur, Kecamatan Cikatomas, dilaporkan sempat menutup akses jalan.

Kurnia mengatakan, saat ini wilayah Kabupaten Tasikmalaya diperkirakan sudah masuk musim kemarau. Namun, kata dia, hujan dengan intensitas tinggi masih kerap terjadi. 

Karena itu, warga di Kabupaten Tasikmalaya diminta tetap mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi, seperti longsor. “Kami imbau harus tetap waspada. Terutama rumah yang berada di dekat tebing,” kata Kurnia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement