Kamis 15 Jun 2023 16:37 WIB

Dinsos Kota Bandung akan Luncurkan Program Bantuan Makanan untuk Lansia

Program bantuan permakanan itu hasil kolaborasi dengan asosiasi Riung Priangan.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Irfan Fitrat
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung Soni Bakhtiyar
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung Soni Bakhtiyar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung, Jawa Barat, menyiapkan berbagai kegiatan pada momen peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2023, yang rencananya digelar 25 Juni mendatang. Salah satunya peluncuran program bantuan permakanan untuk warga lanjut usia (lansia).

Kepala Dinsos Kota Bandung Soni Bakhtiyar mengatakan, lewat program tersebut akan disalurkan bantuan makanan untuk warga lansia, dengan target di 30 kecamatan wilayah Kota Bandung.

Baca Juga

Menurut Soni, program bantuan permakanan ini merupakan hasil kolaborasi Dinsos dengan asosiasi hotel Riung Priangan. Program ini menjadi bentuk tanggung jawab sosial perusahaan.

“Kita akan luncurkan program pemberian bantuan permakanan bagi lansia, bekerja sama dengan Riung Priangan. Mudah-mudahan bisa seribu pak per hari. Mudah-mudahan bisa menginspirasi pengusaha di Kota Bandung,” ujar Soni, Kamis (15/6/2023). 

Selain peluncuran program bantuan permakanan, Soni mengatakan, ada sejumlah kegiatan lainnya yang akan digelar pada momen peringatan HLUN 2023. Seperti pemeriksaan kesehatan. “Ada pula layanan kesehatan untuk pemeriksaan tekanan darah, gizi, dan gula,” katanya.

Rencananya disiapkan juga layanan administrasi kependudukan (adminduk), seperti untuk pembuatan akta kelahiran, akta/buku nikah, kartu tanda penduduk (KTP), ataupun kartu keluarga (KK).

Kemudian direncanakan pemberian paket bahan pokok untuk warga lansia, pentas seni, dan pemberian penghargaan.

Sebagai Kota Ramah Lansia, menurut Soni, ada berbagai program di Kota Bandung yang memberikan kemudahan bagi warga lansia. Ia berharap program ini bisa terus dikembangkan, begitu juga fasilitas ramah lansia.

“Banyak program memberikan kemudahan bagi lansia, mulai diskon, fasilitas lain yang ramah lansia juga akan kita kembangkan. Mudah-mudahan swasta bisa diajak bekerja sama,” ujar Soni.

Soni mengatakan, pemerintah daerah juga mengupayakan agar para warga lansia di Kota Bandung bisa mandiri dan produktif. “Kita terus berupaya bagaimana caranya lansia untuk mandiri. Jadi, sifat pemberdayaannya adalah membuat mandiri lansia, bisa melakukan hal sendiri,” kata Soni.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement