Ahad 18 Jun 2023 16:05 WIB

Ustaz Abdul Somad Kagum dengan Galeri Rasulullah di Masjid Raya Al Jabbar

Galeri Rasulullah bisa menjadi sarana edukasi bagi santri ihwal sirah Nabi Muhammad.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Ustaz Abdul Somad (UAS) di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, Jawa Barat, Ahad (18/6/2023).
Foto: Dok. Biro Adpim Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Ustaz Abdul Somad (UAS) di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, Jawa Barat, Ahad (18/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Ustaz Abdul Somad (UAS) mengunjungi Galeri Rasulullah di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, Jawa Barat, Ahad (18/6/2023). Ustaz Abdul Somad merasa kagum dengan galeri yang menampilkan informasi ihwal Nabi Muhammad SAW dan sejarah Islam itu.

Ustaz Abdul Somad bersama Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil awalnya mengikuti shalat Subuh berjamaah di Masjid Raya Al Jabbar. Kemudian Gubernur mengajak Ustaz Abdul Somad mengunjungi Galeri Rasulullah.

“Ini menceritakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari sejak lahir di Tahun Gajah sampai beliau wafat, sampai Islam ke Nusantara. Jadi, untuk perjalanan 1444 tahun (Hijriyah) itu kami lewati hanya dalam beberapa menit saja,” ujar Ustaz Abdul Somad.

Ustaz Abdul Somad menilai, Galeri Rasullah ini bisa dimanfaatkan untuk edukasi para santri atau murid. “Jadi, tadi di dalam (Galeri Rasulullah) saya berpikir, guru-guru sekolah tinggal bawa anak santri, anak murid, langsung sekali jalan bisa belajar sirah mengenalkan Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, salah satu tujuan pembangunan Masjid Raya Al Jabbar ini memang untuk sarana edukasi. “Memang tujuan dari Masjid Raya Al Jabbar ini dua. Satu, sebagai tempat ibadah. Kedua, tempat pendidikan,” kata dia.

 

photo
Suasana Galeri Rasulullah di Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (27/3/2023). - (Edi Yusuf/Republika)

 

Ridwan Kamil mengatakan, Galeri Rasulullah di Masjid Raya Al Jabbar menjadi sarana untuk menyampaikan informasi ihwal sirah Nabi Muhammad SAW, termasuk sejarah Islam masuk Nusantara. Informasi ini disampaikan dengan memanfaatkan teknologi digital. “Semua sangat lengkap dari sumber yang kita kaji,” ujar dia.

Ridwan Kamil pun mempersilakan masyarakat untuk mengunjungi Galeri Rasulullah. Khususnya bagi anak-anak dan generasi muda. “Silakan dimanfaatkan agar umat Islam, khususnya anak-anak, generasi muda, memahami lebih kafah, lebih luar biasa, tentang perjalanan Islam,” kata Ridwan Kamil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement