Rabu 21 Jun 2023 20:22 WIB

Job Fair di Bandung: Antrean Panjang demi Peluang Melamar Kerja

Sejumlah pencari kerja memberi masukan pelaksanaan job fair ke depan.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Irfan Fitrat
Antrean pencari kerja di lokasi bursa kerja (job fair) di Kiara Artha Park, Kota Bandung, Rabu (21/6/2023), yang digelar Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung.
Foto:

Keluhan serupa disampaikan Dini (27). Menurut dia, pilihan lowongan kerja dan perusahaan bagi lulusan SMA sederajat tidak sebanding dengan peluang untuk lulusan D3 ke atas. Wanita yang sudah menganggur selama delapan bulan ini menyarankan lowongan untuk lulusan SMA bisa diperbanyak.

“Kalau bisa mah rata saja porsinya antara lulusan D3, SMA, dan S1. Karena, kalau dilihat kebanyakan di sana tuh (lowongan kerja pada job fair) untuk lulusan D3. Jadi, minimal D3 ke atas. Kasihan yang sudah ngantre panjang, tapi ternyata enggak ada atau enggak banyak ada lowongan buat lulusan SMA,” kata Dini.

Agenda bursa kerja merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk mengurangi angka pengangguran terbuka. Melihat animo para pencari kerja, Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna mendorong agenda bursa kerja ditambah.

“Ini kegiatan rutin. Saya dorong secara kuantitas lebih banyak. Tidak cukup satu tahun sekali, kita dorong satu tahu itu dua kali (pelaksanaan),” kata Ema, Selasa (20/6/2023).

 

photo
Para pencari kerja mengantre di area job fair di Kiara Artha Park, Kota Bandung, Selasa (20/6/2023). - (Edi Yusuf/Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement